FALIKHUL ISBACH, 1721143139 (2018) PENGARUH EFEKTIFITAS KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU DAN SISWA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS VIII DI MTs. ASSYAFI’IYAH GONDANG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (257kB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (548kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (381kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (491kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Download (602kB) |
||
Text
BAB III.pdf Download (710kB) |
||
|
Text
BAB IV.pdf Download (622kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (262kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (254kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (268kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Efektifitas Komunikasi Interpersonal Guru Dan Siswa Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VIII di MTs. Assyafi’iyah Gondang Tulungagung”, ini ditulis oleh Falikhul Isbach, NIM.1721143139. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. Agus Purwowidodo, M. Pd. NIP. 19720417 200912 1 002 Kata Kunci: Komunikasi Interpersonal, Motivasi Belajar, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya komunikasi interpersonal guru dan siswa terhadap motivasi belajar dan hasil. Efektifitas komunikasi yang efektif antara guru dan siswa akan menimbulkan hasil belajar yang baik pula bagi siswa, ditambah lagi dengan adanya sedikit motivasi oleh seorang guru kepada siswa, itu akan membuat siswa semakin bersemangat dalam pembelajaran, dan jika siswa semakin bersemangat dalam pembelajaran akan membawa hasil yang baik dalam hasil belajar siswa. Komunikasi antara guru dan siswa secara tatap muka, yang memungkinkan setiap siswanya menangkap reaksi guru secara langsung, baik secara verbal atau nonverbal. Jadi ketika guru melakukan komunikasi interpersonal secara langsung mempengaruhi motivasi dan hasil belajar mata pelajaran akidah akhlak. Rumusan masalah: (1) Apakah ada pengaruh efektifitas komunikasi interpersonal guru dan siswa terhadap motivasi belajar pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VIII di MTs. Assyafi’iyah Gondang Tulungagung? (2) Apakah ada pengaruh efektifitas komunikasi interpersonal guru dan siswa terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VIII di MTs. Assyafi’iyah Gondang Tulungagung? (3) Apakah ada pengaruh efektifitas komunikasi interpersonal guru dan siswa terhadap motivasi dan hasil belajar belajar pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VIII di MTs. Assyafi’iyah Gondang Tulungagung. Adapun Tujuan penelitian ini: (1) Untuk mengetahui adakah pengaruh efektifitas komunikasi interpersonal guru dan siswa terhadap motivasi belajar pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VIII di MTs. Assyafi’iyah Gondang Tulungagung. (2) Untuk mengetahui adakah pengaruh efektifitas komunikasi interpersonal guru dan siswa terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VIII di MTs. Assyafi’iyah Gondang Tulungagung. (3) Untuk mengetahui adakah pengaruh efektifitas komunikasi interpersonal guru dan siswa terhadap motivasi dan hasil belajar pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VIII di MTs. Assyafi’iyah Gondang Tulungagung. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif dengan populasi siswa kelas VIII MTs. Assyafi’iyah Gondang Tulungagung, yang terdiri dari 121 siswa. Dengan teknik sampling stratified random sampling diperoleh sample 43 siswa. Adapun Variabel bebas : komunikasi interpersonal. Dan Variabel terikat : motivasi belajar dan hasil belajar. Sumber data: responden dan dokemen. Adapun Teknik pengumpulan data: angket dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data: uji validitas, uji reliableitas, uji normalitas, uji linieritas, uji homogenitas varian, uji homogenitas covarian dan uji manova dengan bantuan SPSS 23.0 for Windows 10. Adapun Hasil Penelitian ini : (1) Ada pengaruh positif dan signifikan komunikasi interpersonal terhadap motivasi belajar di MTs. Assyafi’iyah Gondang Tulungagung karena nilai P Value 0, 007 dan memberikan harga F sebesar 2,980. Karena signifikan < 0, 05, maka Ha diterima dan H0 ditolak. (2) Ada pengaruh positif dan signifikan komunikasi interpersonal terhadap hasil belajar di MTs. Assyafi’iyah Gondang Tulungagung karena nilai P Value 0, 044 dan memberikan harga F sebesar 2,036. Karena signifikan < 0, 05, maka Ha diterima dan H0 ditolak. (3) Ada pengaruh positif dan signifikan komunikasi interpersonal terhadap motivasi belajar dan hasil belajar secara bersama-sama di MTs. Assyafi’iyah Gondang Tulungagung, hal ini dibuktikan bahwa untuk motivasi belajar dari nilai P Value 0,007 dan untuk hsil belajar dari nilai P Value 0,044. Karena signifikan < 0, 05, maka Ha diterima dan H0 ditolak.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 12506184021 FALIKHUL ISBACH |
Date Deposited: | 26 Jul 2018 08:08 |
Last Modified: | 26 Jul 2018 08:08 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8499 |
Actions (login required)
View Item |