PELAKSANAAN STRATEGI PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK BERBASIS KURIKULUM 2013 PADA KELAS X DI MAN 3 TULUNGAGUNG

MOCH. NUR YAZID FEBRI. M, 1721143244 (2018) PELAKSANAAN STRATEGI PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK BERBASIS KURIKULUM 2013 PADA KELAS X DI MAN 3 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (717kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (245kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (138kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (279kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (513kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (194kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (89kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (130kB)

Abstract

ABSTRAK Moch Nur Yazid Febri.M. 2018. Pelaksanaan Strategi Pembelajaran Aqidah Akhlak Berbasisk-13 Pada Kelas X di MAN 3 Tulungagung, Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Tulungagung Islam. Dosen Pembimbing: Anissatul Mufarokah, S.Ag, M.Pd Kata Kunci : Strategi Pembelajaran, Aqidah Akhlak, Kurikulum 2013 Proses pembelajaran merupakan suatu proses yang mengandung serangkaian perbuatan guru dan siswa atas dasar hubungan timbal balik yang berlangsung dalam situasi edukatif untuk mencapai tujuan tertentu. Untuk mencapai sebuah tujuan pembelajaran yang diinginkan perlu adanya sebuah metode dan strategi yang tepat agar siswa mampu memahami. Guru harus bisa menjadi uswah hasanah yang nantinya siswa akan mencontoh apa yang guru lakukan dalam kehidupan nyata. utamanya dalam upaya membina akhlak siswa, seorang guru harus membiasakan siswa untuk berakhlak mulia dan religius dengan cara memfasilitasi siswa dengan materi, praktek ibadah, membaca AlQur’an, saling menghormati dan beraklak terpuji. Disini guru mata pelajaran Aqidah Akhlak memiliki andil yang besar dalam membina akhlak bernilai religius kepada siswa karena pada dasarnya mata pelajaran Aqidah Akhlak memiliki kontribusi dalam memberikan motivasi kepada siswa untuk mempelajari dan mempraktikkan akidahnya dalam bentuk pembiasaan untuk melakukan akhlak terpuji dan menghindari akhlak tercela dalam kehidupan sehari-hari. Kurikulum 2013 adalah kurikulum berbasis kompetensi yang dirancang untuk mengantisipasi kebutuhan kompetensi Abad 21. Pada abad ini, kemampuan kreativitas dan komunikasi menjadi sangat penting. Atas dasar itulah, maka rumusan kompetensi sikap, keterampilan, dan pengetahuan yang dipergunakan dalam Kurikulum 2013 mengedepankan pentingnya kreativitas dan komunikasi. Tujuan penelitian :1) Mendeskripsikan Progam Pembelajaran Aqidah Ahklak Berbasisk-13 Pada Kelas X di MAN 3 Tulungagung. 2) Mendeskripsikan Strategi guru dalam pelaksanaan program Pembelajaran Aqidah Ahklak Berbasisk-13 Pada Kelas X di MAN 3 Tulungagung. 3) Mendeskripsikan Faktor Penghambat program Pembelajaran Aqidah Ahklak Berbasisk-13 Pada Kelas X di MAN 3 Tulungagung.4) Mendeskripsikan Solusi program Pembelajaran Aqidah Ahklak Berbasisk-13 Pada Kelas X di MAN 3 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif-deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi serta analisis data yang digunakan yaitu:(1) reduksi data (2) penyajian data (3) penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsaan data yang digunakan yaitu: (1) pengujian kredibilitas, Pengujian transferability, (a) triagulasi meliputi: (i) triagulasi sumber, (ii) triagulasi teknik (iii) triagulasi waktu (iv) perpanjangan keikut sertaan (v) perpanjangan keikut sertaan (vi) pemisaan sejawat. (2) pengujian transferability (3) pengujian dependability ( 4) Pengujian konfirmability Hasil Penelitian :1) Menemukan Bahwa ada 2 program pembelajaran aqidah akhlak pada kelas X di MAN 3 tulungagung berbasis k-13 tahun 2018 yaitu di dalam kelas Internalisasi nilai-nilai religious pada pembelajaran, menvariasikan metode dan strategi dalam pembelajaran dan di luar kelas program pembiasan dan suri tauladan.2) strategi guru dalam implementasi program aqidah akhlak adalah menyisipkan nilai-nilai akhlak pada mata pelajaran aqidah akhlak dengan cara menyertakan bahasa kromo dan juga menanamkan sifat sidiq, amanah, fathonah dan tabligh kepada siswa untuk meningkatkan nilai-nilai religious dengan sholat duha berjama’ah, infaq pada setiap hari jum’at dan juga membaca surat yasin di stiap awal pembelajaran dan menvariasikan metodemetode dan juga strategi pembelajaran, memberikan cotoh dalam sikap, pakaian dan tutur kata yang baik. 3) Bahwa factor penghambat dari implementasi program pembelajaran adalah dari dalam diri guru dan juga dari dalam diri siswa sendiri. 4) Solusi yang diterapkan dalam mengatasi implementasi strategi pembelajaran dari pihak sekolah yaitu diadakan-nya workshop pada setiap awal tahun ataupun akhir tahun untuk menambah wawasan para guru.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 1721143244 MOCH. NUR YAZID FEBRI. M
Date Deposited: 31 Jul 2018 06:29
Last Modified: 31 Jul 2018 06:29
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8582

Actions (login required)

View Item View Item