Syaiful Rohman, Bambang (2012) Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Kewarganegaraan dengan model pembelajaran jigsaw Pada Siswa Kelas IV MI Miftahul Huda Dono Sendang Tulungagung Tahun Pelajaran 2011/2012. [ Skripsi ]
Text
sekripsi baru 2.docx Download (200kB) |
|
Text
sekripsi baru.docx Download (64kB) |
|
Text
BIOGRAFI PENULIS.docx Download (12kB) |
|
Text
LEMBAR OBSERVASI SIKLUS I.doc Download (83kB) |
|
Text
LEMBAR OBSERVASI SIKLUS II.doc Download (159kB) |
|
Text
PERSETUJUAN PEMBIMBIN1.docx Download (36kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh proses pembelajaran yang kurang efektif karena kebanyakan guru hanya menggunakan metode sederhana saja dalam memberikan materi pelajaran. Penggunaan metode atau strategi pembelajaran yang tepat dapat menjadikan siswa lebih aktif dalam pelajaran. Hal ini sangat cocok dengan karakteristik model pembelajaran tipe jigsaw dimana siswa di minta untuk bekerja sama saling membantu dengan sesama kelompoknya dan ini sangat cocok dengan mata pelajaran PKn. PKn merupakan mata pelajaran yang memiliki cakupan ajaran - ajaran moral, ketrampilan dan pengetahuan yang luas. Hal ini sangat sulit jika hanya diajarkan dengan metode ceramah, tetapi membutuhkan model pembelajaran yang mampu menarik minat siswa untuk belajar dan menyenangi pelajaran PKn. Dalam penelitian ini memiliki satu rumusan masalah yaitu: Apakah penggunaan model pembelajaran jigsaw dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PKn siswa kelas IV MI Miftahul Huda? Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar siswa melalui penggunaan model pembelajaran jigsaw pada mata pelajaran PKn kelas IV MI Miftahul Huda tahun ajaran 2011/2012. Jenis penelitian ini adalah PTK, yaitu penelitian yang dilakukan oleh guru/peneliti dengan menekankan pada permasalahan yang terjadi pada proses pembelajaran guna untuk meningkatan prestasi belajar siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes, metode observasi dan metode wawancara, sebagai metode penunjang model pembelajaran jigsaw. metode tes digunakan untuk memperoleh data berupa prestasi belajar siswa, metode observasi digunakan untuk memperoleh data berupa kegiatan peneliti dan siswa dalam proses pembelajaran, metode wawancara digunakan untuk memperoleh data berupa respon siswa terhadap pembelajaran dengan model pembelajaran jigsaw. Setelah peneliti mengadakan penelitian dengan menggunakan model pembelajaran jigsaw pada mata pelajaran PKn, ternyata prestasi belajar siswa menjadi lebih meningkat. Hal ini terbukti dengan skor rata-rata test awal sebesar 56,6, skor post test siklus 1 sebesar 69,7 dan post test siklus 2 sebesar 73, 5 ini menunjukkan peningkatan yang cukup siknifikan.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | Endang Rifngati S.Sos |
Date Deposited: | 28 Jan 2015 03:23 |
Last Modified: | 28 Jan 2015 03:23 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/861 |
Actions (login required)
View Item |