UMI KULSUM, 1726143057 (2018) PENERAPAN METODE BERKISAH UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER KEAGAMAAN BIDANG AKHLAK BAGI ANAK TK PLUS SUNAN GIRI NGUNUT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (851kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (271kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (16kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (196kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (265kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (265kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (841kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (69kB) | Preview |
|
Text
BAB VI.pdf Download (8kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (90kB) |
Abstract
ABSTRAK Umi Kulsum. NIM. 1726143057. Institut Agama Islam Negeri Tulungagung. Fakultas: Tarbiyah. Jurusan: Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Skripsi. Judul: Penerapan Metode Berkisah untuk Meningkatkan Karakter Keagamaan Bidang Akhlak bagi Anak TK Plus Sunan Giri Ngunut Tulungagung. Kata Kunci: Metode berkisah, karakter keagamaan Latar Belakang Masalah: Pembelajaran merupakan bagian dari instrument yang sangat penting untuk mencapai tujuan pendidikan, oleh karena itu pembelajaran harus dikemas sedemikian rupa sehingga pembelajaran dapat berjalan secara efektif dan efisien. Pelaksanaan pembelajaran di kelas harus memperhatikan banyak aspek, diantaranya adalah aspek materi, usia anak yang sedang mengikuti pembelajaran, lingkungan dan sebagainya. Manfaat pemahaman tentang aspek-aspek tersebut adalah agar guru dapat memberikan sajian pembelajaran kepada anak sesuai dengan kondisi psikologis dan tingkat perkembangan anak. Materi ajar memang mempunyai karakter yang berbeda-beda antara satu materi dengan materi yang lainnya, sehingga dalam penyajiannya memerlukan metode yang berbeda-beda pula. Agar seorang guru dapat menyajikan materi ajar kepada anak dengan baik, sesuai dengan karakter materi dan sesuai dengan tingkat perkembangan anak, terdapat banyak khazanah motode mengajar, di antaranya adalah metode berkisah atau biasa dikenal dengan istilah metode dongeng. Permasalahan: (1) Bagaimanakah penerapan metode berkisah untuk meningkatkan karakter keagamaan bidang akhlak anak TK Plus Sunan Giri Ngunut?. (2). Bagaimana peningkatan karakter keagamaan bidang akhlak anak di TK Plus Sunan Giri Ngunut?. Tujuan Penelitian: (1). Untuk mendeskripsikan penerapan metode berkisah pada pembelajaran keagamaan bidang akhlak anak di TK Plus Sunan Giri Ngunut. (2). Untuk mengetahui peningkatan karakter keagamaan bidang akhlak anak di TK Plus Sunan Giri Ngunut. Hipotesis Tindakan: Jika metode berkisah diterapkan dengan baik, maka karakter keagamaan bidang akhlak anak di TK Plus Sunan Giri Ngunut, akan meningkat. Metode Penelitian: (1). Jenis Penelitian: Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). (2). Lokasi dan subyek penelitian: TK Plus Sunan Giri Ngunut dengan subyek Kelas B. (3). Teknik pengumpulan data: observasi, Tanya jawab. (4). Analisis data: Data kuantitatif dengan teknik persentase. Prosedur penelitian: Plan, act, observe, reflect dengan menerapkan tiga siklus pembelajaran. Hasil Penelitian: (1). Penerapan metode berkisah untuk anak-anak usia prasekolah harus dilakukan dengan mempertimbangkan beberapa aspek, yang setidaknya meliputi aspek perkembangan anak, aspek psikologis anak, aspek lingkungan sosial anak, dan aspek media pembelajaran. Pembelajaran harus dibuat sedemikian menyenangkan, maka bermain dan bernyanyi jangan sampai ditinggalkan pada setiap pertemuan. Pemberian reward kepada anak harus dilakukan dengan bervariasi, karena apabila reward itu diberikan secara monoton anak-anak kurang tertarik. (2). Jika metode berkisah diterapkan dengan baik sesuai dengan prosedur, sesuai dengan karakteristik perkembangan anak maka karakter keagamaan bidang akhlak anak di TK Plus Sunan Giri Ngunut, akan meningkat.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > PAUD |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal |
Depositing User: | 1726143057 UMI KULSUM |
Date Deposited: | 02 Aug 2018 08:29 |
Last Modified: | 02 Aug 2018 08:29 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8676 |
Actions (login required)
View Item |