PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DENGAN METODE DISKUSI KELOMPOK PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM SISWA KELAS XI DI MA MA’ARIF UDANAWU BLITAR

MUHAMAD JOHANSYAH HASYIM, 1721143267 (2018) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DENGAN METODE DISKUSI KELOMPOK PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM SISWA KELAS XI DI MA MA’ARIF UDANAWU BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (507kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (510kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (526kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (303kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (592kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (393kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (154kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Dengan Metode Diskusi Kelompok Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Siswa Kelas XI Di MA Ma’arif Udanawu Blitar” ini ditulis oleh Muhamad Johansyah Hasyim NIM. 1721143267, Progam Study Pendidikan Agama Islam, Jurusan Tarbiyah, IAIN Tulungagung, pembimbing: Drs. Asrop Syafi’I M.Ag Kata kunci :Peningkatan, Kemampuan Berpikir Kreatif, Metode Diskusi Kelompok Latar belakang masalah penelitian ini adalah adanya kesadaran akan pentingnya kreativitas bagi siswa dalam menghadapi era globalisasi. Kemudian guru merupakan seseorang yang sangat berperan dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Melihat akan hal itu maka sangat menarik jika diteliti bagaimana peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa melalui metode diskusi kelompok pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Adapun yang menjadi tujuan penelitian skripsi ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisi tentang Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Dengan Metode Diskusi Kelompok Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Siswa Kelas XI Di MA Ma’arif Udanawu Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang telah berhasil dikumpulkan dan dari makna itulah dapat ditarik kesimpulan. Pemeriksaan uji keabsahan atau kebenaran data dilakukan dengan menggunakan triangulasi data yaitu membandingkan data hasil pengamatan langsung (observasi) dengan data hasil wawancara dan hasil yang berkaitan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Karakteristik berpikir kreatif pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam siswa yaitu dengan menerapkan metode diskusi kelompok dalam pembelajaran. Karakteristik berpikir kreatif siswa cukup terlihat jelas mampu memenuhi indikator dimana siswa mampu menunjukkan keluwesan dalam berpikir, kelancaran berpikir, mampu mengutaran dan memperkaya gagasan-gagasan. (2) Strategi peningkatan berpikir kreatif pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam siswa dengan metode diskusi kelompok sudah cukup baik, dibuktikan dengan melibatkan siswa dalam pembelajaran, memberikan waktu lebih untuk mencurahkan ide, gagasan, pendapat. (3) Proses peningkatan kemampuan berpikir kreatif pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam siswa dengan metode diskusi kelompok, hasil yang didapat masih kurang begitu nampak pada hasil observasi dan baru dapat diketahui setelah pemberian permaslahan yang harus dipecahkan berupa soal analisis.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 1721143267 MUHAMAD JOHANSYAH HASYIM
Date Deposited: 03 Aug 2018 07:15
Last Modified: 03 Aug 2018 07:15
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8698

Actions (login required)

View Item View Item