FAHMI KANZUL ALBAR, 1721143137 (2018) UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN MAJEMUK SISWA PADA MATA PELAJARAN AL- QUR’AN HADITS DI MTs NEGERI 7 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (417kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (301kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (371kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (572kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (389kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (463kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (664kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (195kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (310kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Upaya Guru dalam Meningkatkan Kecerdasan Majemuk Siswa pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits di MTs Negeri 7 Tulungagung” ini ditulis oleh Fahmi Kanzul Albar, NIM. 1721143137, Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islma Negeri (IAIN) Tulungagung, dibimbing oleh Drs. H. Masduki, M. Ag. Kata Kunci : Upaya Guru, Kecerdasan Majemuk, Al-Qur’an Hadits Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa masih banyaknya sekolah yang mempunyai pola pikir tradisional di dalam menjalankan proses belajarnya yaitu sekolah hanya menekankan pada kemampuan logika (matematika) dan bahasa. Seringkali intelektual dijadikan indikator berhasil tidaknya siswa di sekolah. Padahal, kecerdasan tidak hanya diukur dari nilai hasil belajar siswa, melainkan berdasarkan survey minat siswa. Dengan begitu, intelegensi siswa akan ditingkatkan sesuai dengan bidangnya. Dalam hal ini peneliti menghubungkan masalah upaya guru mata pelajaran Al-Qur’an Hadits dengan kecerdasan majemuk siswa di MTs Negeri 7 Tulungagung. Fokus penelitian pada skripsi ini adalah : (1) Bagaimana upaya guru dalam meningkatkan kecerdasan majemuk aspek linguistik siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MTs Negeri 7 Tulungagung? (2) Bagaimana upaya guru dalam meningkatkan kecerdasan majemuk aspek intrapersonal siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MTs Negeri 7 Tulungagung? (3) Bagaimana upaya guru dalam meningkatkan kecerdasan majemuk aspek interpersonal siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MTs Negeri 7 Tulungagung? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan peningkatan kecerdasan majemuk siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MTs Negeri 7 Tulungagung. Skripsi ini bermanfaat bagi Institut Agama Islam Negeri Tulungagung untuk lebih serius dalam penyelenggaraan kegiatan akademik yang menunjang mahasiswanya dalam meningkatkan profesionalitas sebagai tenaga pengajar. Bagi Kepala MTs Negeri 7 Tulungagung untuk lebih memperhatikan serta meningkatkan sarana prasarana pendidikan yang menunjang. Bagi guru MTs Negeri 7 Tulungagung untuk modal dasar dalam mengembangkan kreatifitas ketika mengajar. Bagi siswa MTs Negeri 7 Tulungagung untuk bisa memilih cara tersendiri guna mengembangkan diri mencapai cita-cita. Bagi peneliti yang akan datang untuk dijadikan sebagai dasar penelitian lebih lanjut, atau bahan pertimbangan jika ingin mengadakan penelitian yang serupa. Dalam penelitian ini pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Pada penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi, dengan menggunakan analisis reduksi data, penyajian dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang ditemukan di MTs Negeri 7 Tulungagung menunjukkan bahwa (1) Upaya guru dalam meningkatkan kecerdasan majemuk aspek linguistik siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an hadits diantaranya, yaitu : guru membuat perencanaan yang baik, pengelolaan kelas dengan mengadakan pre test dan pemberian tugas, memberikan motivasi terhadap siswa, memberikan pendekatan terhadap siswa di dalam dan luar kelas, menggunakan strategi, metode drill dan hafalan serta media LCD untuk meningkatkan kecerdasan linguistik siswa dan didukung dengan kegiatan ektrakurikuler BTQ (Baca Tulis Al-Qur’an). (2) Upaya guru dalam meningkatkan kecerdasan majemuk aspek intrapersonal siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an hadits diantaranya, yaitu : pemberian bentuk tanggungjawab kepada siswa berupa penugasan, pemberian pendekatan secara khusus dan memberikan motivasi kepada siswa. (3) Upaya guru dalam meningkatkan kecerdasan majemuk aspek interpersonal siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an hadits diantaranya, yaitu : pengelolaan kelas yang diarahkan ke dalam forum diskusi (kelompok) dan memberikan pembiasaan-pembiasaan yang berkaitan dengan sikap sosial seperti kegiatan santunan anak yatim.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 1721143137 FAHMI KANZUL ALBAR |
Date Deposited: | 06 Aug 2018 04:00 |
Last Modified: | 06 Aug 2018 04:00 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8717 |
Actions (login required)
View Item |