PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN PERKEMBANGAN EMOSIONAL PESERTA DIDIK DI SMK ISLAM 1 DURENAN

NOVI ENGGAR PRADITA, 1721143311 (2018) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN PERKEMBANGAN EMOSIONAL PESERTA DIDIK DI SMK ISLAM 1 DURENAN. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (797kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (641kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (349kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (135kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (179kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Peran guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam meningkatkan perkembangan emosional peserta didik di SMK Islam 1 Durenan” ini ditulis oleh Novi Enggar Pradita, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidkan Agama Islam, Istitut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. H. Ali Rohmad, M.Ag Kata Kunci: Peran guru Pendidikan Agama Islam, perkembangan emosional Penelitian ini dilatarbelakangi oleh peran guru dalam meningkatkan perkembangan emosional anak, dimana dalam perkembangannya perkembangan emosional merupakan suatu kecerdasan sosial yang berkaitan dengan kemampuan seseorang dalam memantau baik emosi dirinya maupun emosi orang lain, serta kemampuannya dalam membedakan emosi dirinya dan emosi orang lain, dimana kemampuan ini digunakan untuk mengarahkan pola pikir dan perilakunya. Fokus Penelitian adalah adalah 1) Bagaimana peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai pengajar dalam meningkatkan perkembangan emosional peserta didik di SMK Islam 1 Durenan? 2) Bagaimana peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai pendidik dalam meningkatkan perkembangan emosional peserta didik di SMK Islam 1 Durenan? 3) Bagaimana peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai pemimpin dalam meningkatkan perkembangan emosional peserta didik di SMK Islam 1 Durenan? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Kehadiran peneliti yaitu menjadikan peneliti sebagai instrumen utama dalam pengumpulan data. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekkan keabsahan data dilakukan dengan ketekunan pengamatan, triangulasi dan pemeriksaan sejawat. Hasil penelitiannya adalah 1) Peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai pengajar dalam meningkatkan perkembangan emosional peserta didik di SMK Islam 1 Durenan adalah dengan jalan a) guru membiasakan pada siswa untuk saling menghormati antar sesama murid termasuk memuliakan ilmu. Sikap menghormati sangat penting dilaksanakan, karena sikap menghormati orang lain itu seperti halnya menghomati diri sendiri, b) guru membiasakan pada siswa untuk bersikap suka memaafkan kesalahan orang lain yang pernah diperbuat terhadapnya, itu sangat penting karena akan membuat pertemanannya akan semakin baik. c) guru membiasakan pada siswa untuk saling bekerjasama dan tolong menolong antar sesama siswa termasuk sangat penting untuk dikembangkan, karena sikap bekerjasama dan tolong menolong akan melahirkan keharmonisan dalam berteman, d) guru membiasakan pada siswa untuk bersikap saling mengasihi, sikap jiwa yang selalu ingin berbuat baik dan menyantuni orang lain, jika diterapkan tidak akan ada pertikaian antar siswa, bahkan tidak ada siswa yang merasa benci terhadap sesame, e) guru membiasakan pada siswa untuk bersikap saling menasehati untuk meninggalkan dan mencegah perbuatan buruk. 2) Peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai pendidik dalam meningkatkan perkembangan emosional peserta didik di SMK Islam 1 Durenan dilakukan dengan jalan: guru mendidik siswa agar beriman dan bertaqwa kepada Allah dengan menganjurkan pada siswa untuk bersikap yang baik yaitu: a) guru mendidik siswa agar sabar dalam menjalankan perintah-perintah Allah, dalam menjauhi segala larangan-Nya dan dalam menerima segala percobaan yang ditimpakannya pada diri, b) guru mendidik siswa agar tawakal (menyerahkan diri) kepada Allah guru memotivasi pada siswa tentang tawakal yang benar adalah menyerahkan diri kepada Allah sesudah berusaha yang berwujud jika dibacakan ayat-ayatnya akan bertambahlah keimanan mereka dan akan semakin bertawakal kepada Allah. c) guru mendidik siswa agar bersyukur kepada Allah atas nikmat yang telah diperolehnya. 3) Peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai Pemimpin dalam meningkatkan Perkembangan Emosional Peserta Didik di SMK Islam 1 Durenanyang dilakukan dengan: a) guru memberikan suri tauladan yang baik bagi siswa, guru harus menjadi suri tauladan, baik dalam bersikap, perkataan, maupun perbuatan agar bisa dicontoh oleh anak didiknya. Sebagai contoh, ketika dikelas harus salam, berjabat tangan, menghargai teman, b) guru mengarahkan siswa dengan cara yang lebih mudah dan dipahami oleh siswa, c) guru menanamkan kepribadian yang baik, guru menanamkan kepribadian yang baik dengan kegiatan yang menunjang seperti membaca Al-Quran setiap hari di kelas sebelum KBM di mulai, sema’an Al-Quran setiap hari Jumat, sholat Dhuha sebelum jam 7 pagi, dan sholawatan, selain itu setiap Jumat juga ada agenda Jumat bersih, tetapi itu dibagi mbak, setiap minggu dirolling.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 1721143311 NOVI ENGGAR PRADITA
Date Deposited: 25 Oct 2018 04:48
Last Modified: 25 Oct 2018 04:48
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8743

Actions (login required)

View Item View Item