ERRY NURDIANINGSIH, 1724143092 (2018) PEMBELAJARAN ARITMETIKA DENGAN MEMADUKAN SISTEMATIKA REDAKSI BASMALAH TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII DI MTsN 1 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (659kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (185kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (732kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Download (885kB) |
||
Text
BAB III.pdf Download (775kB) |
||
|
Text
BAB IV.pdf Download (789kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (359kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (404kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (188kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pembelajaran Aritmetika dengan Memadukan Sistematika Redaksi Basmalah Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII di MTsN 1 Tulungagung” ini ditulis oleh Erry Nurdianingsih (1724143092), Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Miswanto, M.Pd. Kata Kunci : Pembelajaran Matematika, Aritmetika, Matematika Islam, Sistematika Redaksi Basmalah, Hasil Belajar. Alqur’an sangat berpengaruh pada perkembangan bidang ilmu tak terkecuali ilmu alam. Namun pada kenyataannya banyak sekali umat islam yang belum mengetahui bahwasanya Alqur’an merupakan kalam Allah juga berbicara mengenai ilmu alam, misalnya tentang matematika. Bahkan banyak yang beranggapan bahwa matematika tidak ada hubungannya dengan Alquran. Untuk menepis anggapan seperti itu, kita harus mengenalkan adanya keterkaitan antara matematika dan Alquran. Perlu implementasi konkret mulai dari kehidupan sampai praktik pembelajaran. Sehubungan dengan itu, peneliti ingin mengemukakan sebuah inovasi yang dapat mengembangkan siswa dari segi IQ, EQ maupun SQ. Inovasi tersebut adalah pembelajaran matematika terintegrasi islami yang merupakan pembelajaran memahami konsep yang dipadukan dengan nilai islami dalam setiap proses pembelajaran. Peneliti menggunakan model integrasi matematika dan Alquran dalam pembelajaran materi Aritmetika dimana materi tersebut dipadukan dengan kajian secara matematis sistematika redaksi basmalah. Dalam hal ini peneliti menghubungkan antara pembelajaran Aritmetika dengan memadukan sistematika redaksi basmalah terhadap hasil belajar siswa kelas VII di MTsN 1 Tulungagung. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Apakah ada pengaruh pembelajaran Aritmetika dengan memadukan sistematika redaksi basmalah terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII di MTsN 1 Tulungagung? (2) Seberapa besar pengaruh pembelajaran Aritmetika dengan memadukan sistematika redaksi basmalah terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII di MTsN 1 Tulungagung?. Adapun yang menjadi tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui dan menganalisis ada atau tidaknya pengaruh pembelajaran Aritmetika dengan memadukan sistematika redaksi basmalah terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII di MTsN 1 Tulungagung (2) untuk mengetahui besarnya pengaruh pengaruh pembelajaran Aritmetika dengan memadukan sistematika redaksi basmalah terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII di MTsN 1 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah Quasi Experiment (The Nonequivalent Posttest-Only Control Group Design). Variabel bebasnya adalah pembelajaran Aritmetika dengan memadukan sistematika redaksi basmalah dan variabel terikatnya adalah hasil belajar. Dalam pengambilan sampel digunakan teknik cluster random sampling. Sampel penelitian adalah siswa kelas VII-5 dan VII-6 yang berjumlah 76 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes, observasi dan dokumentasi. Metode tes digunakan untuk mendapat nilai hasil belajar siswa, sedangkan metode observasi dan dokumentasi digunakan untuk memperoleh informasi yang dibutuhkan dalam penelitian. Dari hasil analisis data, diperoleh t hitung untuk hasil belajar matematika yang diperoleh melalui perhitungan sebesar 3,568. Sedangkan t tabel dengan db = 74 pada taraf signifikansi 5% (0,05) yaitu sebesar 1,992 dan uji t dua arah menunjukkan nilai Asymp. Sig (2-tailed) sebesar 0,001< 0,05 sehingga menunjukkan pengaruh yang signifikan dari pembelajaran Aritmetika dengan memadukan sistematika redaksi basmalah dan melalui hasil belajar siswa diperoleh nilai mean kelas eksperimen yaitu sebesar 87,63 yang nilainya lebih tinggi dari kelas kontrol yaitu sebesar 76,89. Sedangkan besarnya pengaruh adalah 0,8 (79%) diperoleh melalui perhitungan Cohen’s . Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh Pembelajaran Aritmetika dengan Memadukan Sistematika Redaksi Basmalah Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII di MTsN 1 Tulungagung. Berdasarkan interpretasi effect size pada tabel Cohen’s besarnya pengaruh tersebut tegolong tinggi. Sehingga dapat dikatakan bahwa hal tersebut berdampak positif terhadap hasil belajar matematika siswa.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 1724143092 ERRY NURDIANINGSIH |
Date Deposited: | 10 Aug 2018 06:21 |
Last Modified: | 10 Aug 2018 06:21 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8892 |
Actions (login required)
View Item |