EFENDI, 3211073052 (2018) UPAYA GURU PAI DALAM PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN DI SMK SORE TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (278kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (372kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (95kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (247kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (394kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (171kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Download (197kB) |
||
Text
BAB V.pdf Download (271kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Download (131kB) |
||
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (180kB) |
Abstract
ABSTRAK Efendi, Nomer Induk Mahasiswa: 3211073052. Upaya Guru PAI Dalam Penerapan Strategi Pembelajaran Di Smk Sore Tulungagung. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam. IAIN Tulungagung. Pembimbing: Indah Komsiyah M.Pd Kata kunci: Strategi, Penerapan, PAI Penelitian ini dilatar belakangi oleh Masalah pendidikan agama islam di SMK Sore Tulungagung belom bisa mencapai tujuan yang di inginkan dikarenakan siswa siswa di Smk Sore Tulungagung lebih fokus pada mata pelajaran kejuruan yang di ambil, bagi mereka pelajaran PAI sebagai hiburan semata manakala dalam pelajaran pai membahas materi tentang jual beli, puasa, zina, dsb. Mereka antusias mendengarkan tetapi tidak untuk di pahami melainkan untuk bercanda sama teman teman sejawatnya. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana upaya guru PAI dalam penerapan strategi pembelajaran ekspositori PAI di SMK Sore Tulungagung? (2) Bagaimana upaya guru PAI dalam penerapan strategi pembelajaran kontekstual di SMK Sore Tulungagung? (3) Bagaimana upaya guru PAI dalam penerapan strategi pembelajaran inquiry di SMK Sore Tulungagung? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui bagaimana upaya guru PAI dalam penerapan strategi pembelajaran ekspositori PAI di SMK Sore Tulungagung? (2) Untuk mengetahui bagaimana upaya guru PAI dalam penerapan strategi pembelajaran kontekstual di SMK Sore Tulungagung? (3) Untuk mengetahui upaya guru PAI dalam penerapan strategi pembelajaran inquiry di SMK Sore Tulungagung? Skripsi ini bermanfaat bagi penulis setelah dilakukannya pengkajian dan penelitian, penulis dapat menambah pengalaman dan pengetahuan serta wawasan dalam meningkatkan kualitas pendidikan PAI, bagi guru PAI di SMK Sore Tulungagung bisa dijadikan sebagai masukan dan sumber informasi untuk meningkatkan mutu kualitas pendidikan PAI di SMK Sore Tulungagung, bagi siswa, hasil penelitian ini dapat dijadikan informasi untuk para siswa/siswi dalam meningkatkan mutu dankualitas pendidikan PAI di SMK Sore Tulungagung, dan bagi peneliti yang akan datang, Hasil penelitian ini dapat digunakan oleh peneliti yang akan datang, sebagai bahan kajian penunjang dalam meneliti hal-hal yang berkaitan dengan topik di atas dan sebagai bahan latihan dalam penulisan ilmiah sekaligus memberikan tambahan khazanah pemikiran konsep pendidikan islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, lokasi penelitiannya di SMK Sore Tulungagung, sumber datanya didapat melalui tiga unsur yaitu person, place dan paper, metode pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam menganalisis datanya menggunakan teknik analisis deskriptif, sedangkan pengecekan keabsahan datanya menggunakan perpanjangan keikutsertaan, triangulasi, dan pemeriksaan sejawat. Hasil penelitian ini adalah (1) Penerapan strategi pembelajaran ekspositori di SMK Sore Tulungagung mempermudah guru PAI dalam mensukseskan prosespembelajaran PAI. karena disetiap proses pembelajaran PAI di SMK Sore Tulungagung menerapkan strategi ekspositori di awal guna agar siswa dapat mengerti akan apa yang akan dipelajari. (2) Penerapan strategi pembelajaran kontekstual di SMK Sore Tulungagung sangat membantu guru dalam tercapainya proses pembelajaran yang efektif, karena peserta didik di ajarkan langsung mengaitkan antara materi dengan kehidupan nyata disekitarnya, jadi peserta didik lebih mudah memahami tentang apa yang di pelajari di sekolah dan mengaitkan dengan kehidupannya di sekitar, apalagi peserta didik di smk sore tulungagung itu sudah terbiasa dengan aktif dan praktek.(3) Penerapan strategi pembelajaran inquiry di SMK Sore Tulungagung Dalam proses pembelajaran memberi efek terhadap prestasi peserta didik sangat banyak seperti halnya menerapkan pengetahuan dalam situasi baru dan masalah baru, mengembangkan kemampuan bertanya, memecahkan masalah dan melakukan percobaan, peserta didik lebih bersemangat dan mudah dalam memahami materi yang di pelajarinya.Penerapan strategi pembelajaran ekspositori di SMK Sore Tulungagung mempermudah guru PAI dalam mensukseskan proses pembelajaran PAI. karena disetiap proses pembelajaran PAI di SMK Sore Tulungagung menerapkan strategi ekspositori di awal guna agar siswa dapat mengerti akan apa yang akan dipelajari.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 12506174020 EFENDI |
Date Deposited: | 18 Sep 2018 02:17 |
Last Modified: | 18 Sep 2018 02:17 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/9396 |
Actions (login required)
View Item |