Peningkatan Prestasi Belajar Melalui Pembelajaran Kooperatif Tutor Sebaya Siswa Kelas VI SD Negeri Setonorejo 2 Kecamatan Kras Dalam Menentukan KPK dan FPB

El Maknun, Lu’luk (2010) Peningkatan Prestasi Belajar Melalui Pembelajaran Kooperatif Tutor Sebaya Siswa Kelas VI SD Negeri Setonorejo 2 Kecamatan Kras Dalam Menentukan KPK dan FPB. [ Skripsi ]

[img] Text
BAB I.rtf

Download (92kB)
[img] Text
BAB II jadi.rtf

Download (205kB)
[img] Text
BAB III Jadi.rtf

Download (100kB)
[img] Text
BAB V jadi.rtf

Download (31kB)
[img] Text
BAB IV Jadi0.rtf

Download (2MB)
[img] Text
SAMPUL.rtf

Download (3MB)
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Dalam mata pelajaran secara keseluruhan di SDN Setonorejo, pelajaran matematika merupakan pelajaran yang nilai rata-rata kelasnya paling rendah. Dari tahun ke tahun nilai rata-ratanya hanya pada kisaran 5,4 sampai 6,1. Oleh karena itu, peningkatan mutu pun masih terfokus pada upaya peningkatan prestasi pada mata pelajaran matematika. Permasalahan yang muncul apakah dengan Pembelajaran Kooperatif Tutor Sebaya dalam kelompok-kelompok belajar dapat meningkatkan prestasi belajar siswa SD Negeri Setonorejo 2 kelas VI dalam pokok bahasan menentukan KPK dan FPB. Tujuan yang dirumuskan dalam penelitian ini adalah meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VI SD Negeri Setonorejo 2 Kecamatan Kras dalam pokok bahasan menentukan KPK dan FPB melalui pembelajaran kooperatif tutor sebaya dalam kelompok kelompok belajar. Hasil dari penelitian ini dirancang dengan melalui 3 siklus yakni siklus I, siklus II, dan siklus III. Dari siklus I sampai siklus III melibatkan beberapa komponen, antara lain peneliti itu sendiri, pengamat siswa, dan unsur lain yang terlibat dalam penelitian tersebut. Pelaksanaan siklus itu sendiri terdiri dari beberapa tahap, seperti siklus I tahap yang dilalui adalah tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan tahap refleksi. Demikian juga untuk siklus II, dan siklus III. Simpulan yang dapat diambil adalah bahwa dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tutor Sebaya dalam kelompok-kelompok belajar ternyata dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada pokok bahasan menentukan KPK dan FPB di SD Negeri Setonorejo 2 Kecamatan Kras Kabupaten Kediri tahun pelajaran 2009/2010. Saran yang dapat disampaikan penulis, sebaiknya dalam meningkatkan prestasi belajar matematika pada pokok bahasan menentukan KPK dan FPB untuk siswa kelas VI dapat digunakan model pembelajaran kooperatif tutor sebaya dalam kelompok kelompok belajar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 28 Jan 2015 08:18
Last Modified: 28 Jan 2015 08:18
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/948

Actions (login required)

View Item View Item