PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN IMPROVE MATERI STATISTIK KELAS VII SMPN 1 SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

YULIYA EKA SARI, 1724143268 (2018) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN IMPROVE MATERI STATISTIK KELAS VII SMPN 1 SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (899kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (455kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (410kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (619kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (323kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (386kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (160kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (89kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (143kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Perbedaan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Think Pair Share (Tps) Dengan Model Pembelajaran Improve Materi Statistik Kelas VII SMPN 1 Sumbergempol Tulungagung” ini dituli soleh Yuliya Eka Sari, NIM:1724143268, Pembimbing Miswanto, M.Pd. Kata kunci: Model Pembelajaran Improve, TPS , hasil belajar. Penelitian dalam skripsi ini membahas tentang perbedaan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran think pair share (tps) dengan model pembelajaran improve materi statistik. Penelitian ini dilatar belakangi oleh model pembelajaran matematika yang digunakan masih bersifat konvensional. Hal ini dapat menimbulkan kejenuhan dalam proses pembelajaran dan menimbulkan hasil belajar siswa kurang optimal. Selain itu, kebanyakan guru mendominasi dalam proses belajar dan siswa menjadi pasif. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran think pair share (tps) dengan model pembelajaran improve materi statistik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitiannya adalah penelitan eksperimen semu (Quasi Exsperiment). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 1 Sumbergempol yang berjumlah 307 siswa. Dalam pengambilan sampel digunakan teknik purposive sampling, dengan kelas VII B sebagai kelas kontrol dan VII-G sebagai kelas eksperimen. Instrumen penelitian berupa soal tes untuk mengukur hasil belajar. Instrumen soal terlebih dahulu dilakukan pengujian validitas ahli dan validitas empiris serta uji reliabilitas sebelum digunakan. Setelah data penelitian terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan uji hipotesis (t-test) yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat (homogenitas dan normalitas). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran think pair share (tps) dengan model pembelajaran improve materi statistik. Hal ini dibuktikan dengan perbedaan yang signifikan antara thitung dan ttabel yang diperoleh dari perhitunganya itu thitung = 4,91845432 dan ttabel = 2,000 sehingga thitung>ttabel , maka H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini didukung dengan rata-rata nilai hasil belajar siswa kelas eksperimen yang diajarmenggunakan model pembelajaran think pair share (tps) sebesar 76,45 sedangkan kelas eksperimen yang menggunakan pembelajaran improve sebesar 65,94.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 1724143268 YULIYA EKA SARI
Date Deposited: 09 Oct 2018 02:45
Last Modified: 09 Oct 2018 02:45
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/9620

Actions (login required)

View Item View Item