PENGARUH PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM KELUARGA TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL DAN KECERDASAN SPIRITUAL SISWA KELAS X MADRASAH ALIYAH HASYIM ASY’ARI KARANGREJO TULUNGAGUNG

LAILIN NUR INAYAH, 1721143203 (2018) PENGARUH PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM KELUARGA TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL DAN KECERDASAN SPIRITUAL SISWA KELAS X MADRASAH ALIYAH HASYIM ASY’ARI KARANGREJO TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (333kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (299kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (467kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (541kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (625kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (225kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “pengaruh pendidikan agama Islam dalam keluarga terhadap kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual siswa kelas X Madrasah Aliyah Hasyim Asy’ari Karangrejo Tulungagung”, ini ditulis oleh Lailin Nur Inayah, NIM. 1721143203. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Terbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. Agus Zaenul Fitri, M. Pd, NIP. 19810801 200912 1 004 Kata Kunci: Pendidikan Agama Islam dalam Keluarga, Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual. Peneliti dilatar belakangi oleh pendidikan agama Islam dalam keluarga. Pada dasarnya kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual merupakan kecerdasan yang membidik ranah karakter anak. Dalam hal ini peneliti menghubungkan antar pengaruh pendidikan agama Islam dalam keluarga terhadap kecerdasan emosional dan spiritual siswa kelas X Madrasah Aliyah Hasyim Asy’ari Karangrejo Tulungagung. Rumusan masalah: (1) Adakah pengaruh pendidikan agama Islam dalam keluarga terhadap kecerdasan emosional siswa kelas X Madrasah Aliyah Hasyim Asy’ari Karangrejo Tulungagung?. (2) Adakah pengaruh pendidikan agama Islam dalam keluarga terhadap kecerdasan spiritual siswa kelas X Madrasah Aliyah Hasyim Asy’ari Karangrejo Tulungagung?. (3) Adakah pengaruh pendidikan agama Islam dalam keluarga terhadap kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual siswa kelas X Madrasah Aliyah Hasyim Asy’ari Karangrejo Tulungagung? Tujuan penelitian: (1) Untuk mengetahui dan memahami ada atau tidak pengaruh pendidikan dalam keluarga terhadap kecerdasan emosional siswa kelas X Madrasah Aliyah Hasyim Asy’ari Karangrejo Tulungagung. (2) Untuk mengetahui dan memahami ada atau tidak pengaruh pendidikan dalam keluarga terhadap kecerdasan spiritual siswa kelas X Madrasah Aliyah Hasyim Asy’ari Karangrejo Tulungagung. (3) Untuk mengetahui dan memahami ada atau tidak pengaruh pendidikan dalam keluarga terhadap kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual siswa kelas X Madrasah Aliyah Hasyim Asy’ari Karangrejo Tulungagung. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif dengan populasi MA Hasyim Asy’ari Karangrejo yang terdiri dari 46 siswa. Dengan teknik sampling Nonprobability Sampling (sampling jenuh). Variabel bebas (X) pendidikan agama Islam dalam keluarga. Variabel terikat(Y1) Kecerdasan emosional, dan (Y2) spiritual. Sumber data:Responden dan Dokumen. Teknik pengumpulan data: angket. Teknik analisis data: uji validitas, reliabilitas, normalitas, homogenitas, dan manova dengan bantuan SPSS for Windows 23. 0. Hasil penelitian: (1) Ada pengaruh yang signifikan antara pendidikan agama Islam dalam keluarga terhadap kecerdasan emosional siswa kelas X Madrasah Aliyah Hasyim Asy’ari Karangrejo yang dibuktikan dari nilai thitung untuk variabel kecerdasan emosional sebesar 7,043. Berdasarkan kriteria pengambilan keputusan bahwa thitung > ttabel (7,043 > 1,681) maka Ha diterima dan Ho ditolak. (2) Ada pengaruh yang signifikan antara pendidikan agama Islam dalam keluarga terhadap kecerdasan spiritual siswa kelas X Madrasah Aliyah Hasyim Asy’ari Karangrejo yang dibuktikan dari nilai thitung untuk variabel kecerdasan spiritual sebesar 2, 361. Berdasarkan kriteria pengambilan keputusan bahwa thitung > ttabel (2,361 > 1,681) maka Ha diterima dan Ho ditolak. (3) Ada pengaruh yang signifikan antara pendidikan agama Islam dalam keluarga terhadap kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual siswa kelas X Madrasah Aliyah Hasyim Asy’ari Karangrejo yang dibuktikan dari nilai signifikansi sebesar adalah 0,046 ; 0,046 ; 0,047 ; 0,015, Berdasarkan kriteria pengambilan keputusan bahwa sig < 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 1721143203 LAILIN NUR INAYAH
Date Deposited: 13 Dec 2018 07:33
Last Modified: 13 Dec 2018 07:33
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/9656

Actions (login required)

View Item View Item