EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATERI GARIS SINGGUNG LINGKARAN DI SMPN 01 SUMBERGEMPOL TAHUN AJARAN 2017/2018

LUSIANA DIAN SILVIANI, 1724143146 (2018) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATERI GARIS SINGGUNG LINGKARAN DI SMPN 01 SUMBERGEMPOL TAHUN AJARAN 2017/2018. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (572kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (502kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (457kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (943kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (429kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (566kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (746kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (387kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Efektivitas Model Pembelajaran Mind Mapping Tehadap Hasil Belajar Dan Motivasi Belajar Kelas VIII Pada Materi Garis Singgung Lingkaran Di SMPN 01 Sumbergempol Tahun Ajaran 2017/2018” ini ditulis oleh Lusiana Dian Silviani, NIM.1724143146, pembimbing Ummu Sholihah,M.Si. Kata kunci : Model pembelajaran mind mapping, Hasil Belajar, Motivasi Belajar Fenomena rendahnya hasil belajar dan motivasi siswa, dikarenakan model pembelajaranyang masih konvensional. Oleh karena itu diberikan model pembelajaran yang inovatif yang membuat siswa aktif dan kreatif. Salah satunya adalah model pembelajaran mind mapping. Model pembelajaran mind mapping adalah model pembelajaran yang memanfaatkan kerja alami dari otak kanan dan otak kiri melalui proses mencatat dan meringkas menggunakan gambar (peta) dengan warna-warna dan bahasa yang lebih mudah. Maka dari itu peneliti menerapkan model pembelajaran mind mapping untuk meningkatkan hasil belajar dan motivasi siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui model pembelajaran mind mapping efektif terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada materi garis singgung lingkaran di SMPN 01 Sumbergempol tahun ajaran 2017/2018 (2) Untuk mengetahui model pembelajaran mind mapping efektif terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII pada materi garis singgung lingkaran di SMPN 01 Sumbergempol tahun ajaran 2017/2018 (3) Untuk mengetahui model pembelajaran mind mapping efektif terhadap hasil belajar dan motivasi belajar siswa kelas VIII pada materi garis singgung lingkaran di SMPN 01 Sumbergempol tahun ajaran 2017/2018 Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Teknik sampling dengan simple random sampling. Sampel penelitian ini kelas VIII-A dan kelas VIII-D. Seluruh sampel berjumlah 76 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, tes, angket dan dokumentasi. Untuk teknik analisis data menggunakan uji MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan : (1) Model pembelajaran mind mapping efektif terhadap hasil belajar yang ditunjukkan pada tabel test of between subject effect dengan tarafsig.0.001 < 0.05 (2) Model pembelajaran mind mapping efektif terhadap motivasi belajar yang ditunjukkan pada tabel test of between subject effect dengan taraf nilai sig.0.000 < 0.05 (3) Model pembelajaran mind mapping efektif terhadap hasil belajar dan motivasi belajar yang ditunjukkan pada tabel multivariate test dengan taraf sig.0.000 < 0.05. Dengan demikian model pembelajaran mind mapping efektif terhadap hasil belajar dan motivasi belajar siswa kelas VIII pada materi garis singgung lingkaran di SMPN 01 Sumbergempol tahun ajaran 2017/2018

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 1724143146 LUSIANA DIAN SILVIANI
Date Deposited: 21 Nov 2018 04:09
Last Modified: 21 Nov 2018 04:09
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/9826

Actions (login required)

View Item View Item