PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI MTs DARUSSALAM KADEMANGAN BLITAR

FIQIH FIRDIANTY FIRDAUS, 1721143146 (2018) PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI MTs DARUSSALAM KADEMANGAN BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (741kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (295kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (293kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (368kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (510kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (195kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Perhatian Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Siswa di MTs Darussalam Kademangan Blitar” ini ditulis oleh Fiqih Firdianty Firdaus, NIM. 1721143146, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. Ahmad Tanzeh, M.Pd.I., NIP. 19691206 199903 1 003. Kata Kunci : Perhatian Orang Tua, Prestasi Belajar Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh fenomena banyak keluarga dimana suami-istri bekerja. Kesibukan orang tua terkadang menyita waktu mereka sehingga tidak dapat memberikan perhatian yang optimal pada anak. Mereka beranggapan dengan mencari nafkah dapat memenuhi kebutuhan materi anak, mereka sudah memberikan yang terbaik bagi anak, padahal pada dasarnya kebutuhan anak tidak hanya terfokus pada kebutuhan materi semata melainkan anak punya kebutuhan mental seperti rasa aman, perhatian, kasih sayang, penghargaan apalagi dalam tahap perkembangan kecerdasan anak. hal inilah yang kemudian melatarbelakangi peneliti untuk mengungkap keberadaan perhatian orang tua terhadap prestasi belajar siswa. Rumusan masalah dari penelitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut: (1) Adakah pengaruh perhatian orang tua dalam pemberian bimbingan belajar terhadap prestasi belajar siswa di MTs Darussalam Kademangan Blitar? (2) Adakah pengaruh perhatian orang tua dalam pengawasan belajar terhadap prestasi belajar siswa di MTs Darussalam Kademangan Blitar? (3) Adakah pengaruh perhatian orang tua dalam pemenuhan kebutuhan belajar terhadap prestasi belajar siswa di MTs Darussalam Kademangan Blitar? (4) Adakah pengaruh secara bersama-sama antara pemberian bimbingan belajar, pengawasan belajar dan pemenuhan kebutuhan belajar terhadap prestasi belajar siswa di MTs Darussalam Kademangan Blitar? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui pengaruh perhatian orang tua dalam pemberian bimbingan belajar terhadap prestasi belajar siswa di MTs Darussalam Kademangan Blitar, (2) Untuk mengetahui pengaruh perhatian orang tua dalam pengawasan belajar terhadap prestasi belajar siswa di MTs Darussalam Kademangan Blitar, (3) Untuk mengetahui pengaruh perhatian orang tua dalam pemenuhan kebutuhan belajar terhadap prestasi belajar siswa di MTs Darussalam Kademangan Blitar, (4) Untuk mengetahui pengaruh secara bersama-sama antara pemberian bimbingan belajar, pengawasan belajar dan pemenuhan kebutuhan belajar terhadap prestasi belajar siswa di MTs Darussalam Kademangan Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian ex-post facto. Lokasi penelitian di MTs Darussalam Kademangan Blitar. Jumlah populasi 134 siswa. Sampel berjumlah 34 siswa dengan menggunakan teknik stratified random sampling dengan mengambil 25% dari jumlah populasi. Teknik pengumpulan data yaitu dokumentasi dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh yang signifikan pemberian bimbingan belajar terhadap prestasi belajar siswa di MTs Darussalam Kademangan Blitar. Dibuktikan dengan hasil uji t bahwa tingkat signifikansi thitung adalah 0,022 < dari 0,05 dan hasil thitung lebih besar dari ttabel. Nilai thitung adalah 2,399 dan ttabel adalah 2,042 dengan taraf nyata 5%. (2) Terdapat pengaruh yang signifikan pengawasan belajar terhadap prestasi belajar siswa di MTs Darussalam Kademangan Blitar. Dibuktikan dengan hasil uji t bahwa tingkat signifikansi thitung adalah 0,022 < dari 0,05 dan hasil thitung lebih besar dari ttabel. Nilai thitung adalah 2,403 dan ttabel adalah 2,042 dengan taraf nyata 5%. (3) Terdapat pengaruh yang signifikan pemenuhan kebutuhan belajar terhadap prestasi belajar siswa di MTs Darussalam Kademangan Blitar. Dibuktikan dengan hasil uji t bahwa tingkat signifikansi thitung adalah 0,001 < dari 0,05 dan hasil thitung lebih besar dari ttabel. Nilai t hitung adalah 3,511 dan ttabel adalah 2,042 dengan taraf nyata 5%. (4) Terdapat pengaruh yang signifikan secara bersama-sama antara pemberian bimbingan belajar, pengawasan belajar, pemenuhan kebutuhan belajar terhadap prestasi belajar siswa di MTs Darussalam Kademangan Blitar. Dibuktikan dengan hasil uji F bahwa tingkat signifikasi adalah 0,002 < dari 0,05 dan hasil penelitian yaitu F hitung lebih besar dari Ftabel. Nilai Fhitung sejumlah 6,394 dan Ftabel sejumlah 2,91 dengan taraf nyata 5%

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 1721143146 FIQIH FIRDIANTY FIRDAUS
Date Deposited: 22 Nov 2018 06:23
Last Modified: 22 Nov 2018 06:23
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/9844

Actions (login required)

View Item View Item