LULUK ILMI KHONUN, 1724143143 (2018) PERBEDAAN HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA PADA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS-ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DAN JIGSAW SISWA KELAS VIII DI MTSN 8 KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2017/2018. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (406kB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (1MB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (123kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (249kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
BAB V.pdf Download (958kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Download (87kB) |
||
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (187kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Perbedaan Hasil Belajar dan Motivasi Belajar Matematika pada Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student TeamsAchievement Division (STAD) dan Jigsaw Siswa Kelas VIII di MTsN 8 Kediri Tahun Pelajaran 2017/2018” yang ditulis oleh Luluk Ilmi Khonun, NIM. 1724143143, ini dibimbing oleh Dr. Muniri, M.Pd. Kata kunci: Hasil Belajar, Motivasi, Student Teams-Achievement Division (STAD), Jigsaw. Rendahnya hasil belajar dan motivasi belajar matematika siswa dikarenakan siswa kesulitan dalam memahami materi, siswa takut dan malu untuk bertanya, dan guru lebih sering menggunakan model pembelajaran konvensional. Oleh karena itu, dibutuhkan model pembelajaran yang tepat dan model pembelajaran yang lebih mengutamaan kegiatan diskusi kelompok supaya hasil belajar dan motivasi belajar siswa meningkat pada mata pelajaran matematika. Seperti model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams-Achievement Division (STAD) dan Jigsaw. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika pada model pembelajaran kooperatif model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams-Achievement Division (STAD) dan Jigsaw siswa kelas VIII MTsN 8 Kediri Tahun Pelajaran 2017/2018. (2) Untuk mengetahui perbedaan motivasi belajar matematika pada model pembelajaran kooperatif model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams-Achievement Division (STAD) dan Jigsaw siswa kelas VIII MTsN 8 Kediri Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini termasuk penelitian Quasi Experiment Design. Metode pengumpulan data menggunakan tes, angket, dan doumentasi yang digunakan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dan motivasi belajar matematika diakhir kegiatan. Populasinya adalah seluruh siswa kelas VIII MTsN 8Kediri. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dengan sampel kelas VIII A sebagai kelas eksperimen I menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan VIII B sebagai kelas eksperimen IImenggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams-Achievement Division (STAD) dengan setiap kelas berjumlah 33 siswa. Analisis yang digunakan adalah uji-t atau uji beda. Dari hasil penelitian didapatkan rata-rata nilai hasil belajar siswa kelas eksperimen I adalah 72,27dankelas eksperimen II adalah 59,55dengan nilai thitung ttabel atau 3,689 1,699 dan Sig. (2-tailed) = 0,000 0,05. Selanjutnya, dari hasil penelitian didapatkan rata-rata motivasi belajar siswa kelas eksperimen I adalah 110,21 dankelas eksperimen II adalah 101.58. Didapatkan nilai thitung ttabel atau 3,410 1,699 dan Sig. (2-tailed) = 0,001 0,05. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) Ada perbedaan hasil belajar matematika pada model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams-Achievement Division (STAD) dan Jigsaw siswa kelas VIII MTsN 8 Kediri tahun pelajarn 2017/2018, (2) Ada perbedaan motivasi belajar matematika pada modelpembelajaran kooperatif tipe Student Teams-Achievement Division (STAD) dan Jigsaw siswa kelas VIII MTsN 8 Kediri tahun pelajarn 2017/2018
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 1724143143 LULUK ILMI KHONUN |
Date Deposited: | 29 Nov 2018 03:57 |
Last Modified: | 29 Nov 2018 03:57 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/9868 |
Actions (login required)
View Item |