Pengaruh Motivasi Belajar Melalui Pendekatan Matematika Realistik Terhadap Prestasi Belajar Matematika Pokok Bahasan Bangun Datar Segiempat Pada Siswa Kelas VII di SMPN 2 Sumbergempol Tulungagung Tahun Ajaran 2009/2010

Rifa’i, Mohammad (2010) Pengaruh Motivasi Belajar Melalui Pendekatan Matematika Realistik Terhadap Prestasi Belajar Matematika Pokok Bahasan Bangun Datar Segiempat Pada Siswa Kelas VII di SMPN 2 Sumbergempol Tulungagung Tahun Ajaran 2009/2010. [ Skripsi ]

[img] Text
BAB I.rtf

Download (169kB)
[img] Text
BAB II.rtf

Download (501kB)
[img] Text
BAB III.rtf

Download (951kB)
[img] Text
BAB V.doc

Download (40kB)
[img] Text
BAB IV.rtf

Download (1MB)
[img] Text
cover-abstrak.rtf

Download (635kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.doc

Download (41kB)
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Kata kunci : Pendekatan Matematika Realistik, Motivasi dan Prestasi Belajar Matematika, Bangun datar segiempat Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh sebuah kondisi dimana kemajuan zaman dan motivasi belajar dapat mempengaruhi prestasi belajar khususnya dalam mata pelajaran matematika. Dalam hal ini peneliti ingin mengetahui bagaimana pengaruh motivasi belajar melalui pendekatan matematika realistik terhadap prestasi belajar matematika materi bangun datar segiempat siswa kelas VII SMPN 2 Sumbergempol. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Adakah pengaruh motivasi belajar melalui pendekatan matematika realistik terhadap prestasi belajar matematika pokok bahasan bangun datar segiempat pada siswa kelas VII SMPN 2 Sumbergempol Tulungagung tahun ajaran 2009/2010? (2) Adakah perbedaaan yang signifikan antara prestasi belajar melalui pendekatan matematika realistik dengan pendekatan konvensional pokok bahasan bangun datar segiempat pada siswa kelas VII SMPN 2 Sumbergempol Tulungagung tahun ajaran 2009/2010 (3) Adakah perbedaaan yang signifikan antara motivasi belajar melalui pendekatan matematika realistik dengan pendekatan konvensional pokok bahasan bangun datar segiempat pada siswa kelas VII SMPN 2 Sumbergempol Tulungagung tahun ajaran 2009/2010? Skripsi ini bermanfaat bagi penulis untuk menambah wawasan khasanah keilmuan serta sebagai upaya peningkatan kualitas profesionalisme sebagai calon guru. Bagi SMPN 2 Sumbergempol dapat dijadikan bahan pertimbangan dalam penentuan kebijakan khususnya dalam rangka peningkatan kualitas pendidikan serta pengajaran di sekolah tersebut. Bagi para pembaca sebagai bahan masukan atau referensi yang cukup berarti. Dalam penelitian ini digunakan metode angket, tes, dokumentasi, observasi dan wawancara (interview). Metode angket digunakan untuk memperoleh data tentang motivasi belajar siswa kelas VII SMPN 2 Sumbergempol. Metode tes digunakan untuk melihat prestasi belajar matematika siswa di SMPN 2 Sumbergempol, Tulungagung. Sedangkan metode dokumentasi, observasi dan wawancara digunakan untuk menggali data tentang keadaan siswa sebelum penelitian, populasi, sampel, sarana dan prasarana pendidikan dan dokumen sekolah. Setelah penulis mengadakan penelitian dengan menggunakan beberapa metode diatas, penulis menggunakan rumus analisis regresi dan rumus uji ”t” test. Setelah data dianalisis, akhirnya dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh motivasi belajar melalui pendekatan matematika realistik terhadap prestasi belajar matematika pokok bahasan bangun datar segiempat pada siswa kelas VII A SMPN 2 Sumbergempol dengan korelasi sebesar 0,813 dan koefisien determinan r2= 0,6616 atau sebesar 66,16%, ada perbedaan yang signifikan antara prestasi belajar melalui pendekatan matematika realistik dengan pendekatan konvensional pokok bahasan bangun datar segiempat pada siswa kelas VII SMPN 2 Sumbergempol dengan t hitung = 3,451 yang nilai ”t” hitungnya lebih besar dari nilai ”t” tabel pada taraf signifikansi 1% maupun 5%. Dengan demikian hipotesis alternatif diterima. Dan selanjutnya ada perbedaaan yang signifikan pula antara motivasi belajar melalui pendekatan matematika realistik dengan pendekatan konvensional pokok bahasan bangun datar segiempat pada siswa kelas VII SMPN 2 Sumbergempol dengan ”t” hitung = 6,200 yang nilai ”t” hitungnya lebih besar dari nilai ”t” tabel pada taraf signifikansi 1% maupun 5%. Dengan demikian hipotesis alternatif diterima.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 04 Feb 2015 08:08
Last Modified: 04 Feb 2015 08:08
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/1037

Actions (login required)

View Item View Item