STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN IBADAH SHALAT DHUHA PESERTA DIDIK DI SMK ISLAM 1 DURENAN TRENGGALEK

WIDIYA KHUSNAWATI, 17201153127 (2019) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN IBADAH SHALAT DHUHA PESERTA DIDIK DI SMK ISLAM 1 DURENAN TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (688kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (493kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (250kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (631kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (902kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (252kB)
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (226kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Widiya Khusnawati, NIM. 17201153127, “Strategi Guru PAI dalam Meningkatkan Kedisiplinan Ibadah Shalat Dhuha Peserta Didik di SMK Islam 1 Durenan Trenggalek”, Skripsi, dosen pembimbing: Dr. H. Zaini, S.Ag., M.Pd.I. Kata kunci : Strategi Guru, Kedisiplinan Ibadah Latar belakang: Dewasa ini masih terdapat muslim yang meninggalkan ibadah shalat sunnah khususnya shalat dhuha karena sifat kesunnahnnya atau kesibukan beraktivitas. Akan tetapi peserta didik di SMK Islam 1 Durenan Trenggalek sudah dibiasakan untuk melaksanakan shalat dhuha sebelum kegiatan belajar mengajar dilaksanakan. Namun dalam prakteknya terdapat beberapa hambatan kedisiplinan. Untuk itu diperlukan strategi khusus dari guru pendidikan agama Islam untuk mengatasi permasalahan tersebut. Fokus penelitian: 1. Bagaimana strategi guru PAI dalam meningkatkan kedisiplinan ibadah shalat dhuha peserta didik di SMK Islam 1 Durenan Trenggalek? 2. Bagaimana hambatan guru PAI dalam meningkatkan kedisiplinan ibadah shalat dhuha peserta didik di SMK Islam 1 Durenan Trenggalek? Bagaimana implikasi strategi guru PAI terhadap peningkatan kedisiplinan ibadah shalat dhuha peserta didik di SMK Islam 1 Durenan Trenggalek? Tujuan penelitian: 1. Untuk mengetahui strategi guru PAI dalam meningkatkan kedisiplinan ibadah shalat dhuha peserta didik di SMK Islam 1 Durenan Trenggalek. 2. Untuk mengetahui hambatan guru PAI dalam meningkatkan kedisiplinan ibadah shalat dhuha peserta didik di SMK Islam 1 Durenan Trenggalek. 3. Untuk mengetahui implikasi strategi guru PAI terhadap peningkatan kedisiplinan ibadah shalat dhuha peserta didik di SMK Islam 1 Durenan Trenggalek. Metode Penelitian: Pendekatan: penelitian Kualitatif. Jenis penelitian: deskriptif. Metode pengumpulan data: observasi-partisipan, wawancara mendalam, dokumen. Prosedur analisis data: reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data: perpanjangan keikutsertaan, ketekunan/keajegan pengamatan, dan triangulasi sumber dan metode. Hasil Penelitian: 1. Strategi guru PAI yaitu peraturan Kepala Sekolah, pemberian perintah berupa himbauan secara lisan, buku catatan keagamaan, pemberian hukuman/sanksi, pendampingan dan pengawasan serta absensi, pembiasaan, keteladanan dan tata tertib. 2. Hambatannya yaitu fasilitas sekolah kurang memadai, kurangnya kesadaran peserta didik dan kurangnya kedisiplinan guru. 3. Implikasinya yaitu meningkatnya kedisiplinan peserta didik, meningkatnya kecintaan kepada Allah Swt, memperoleh ketenangan, meningkatnya hafalan surah dan do’a sholat dhuha, menjadi terbiasa melaksanakan shalat dhuha di sekolah maupun di rumah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201153127 WIDIYA KHUSNAWATI
Date Deposited: 11 Apr 2019 06:51
Last Modified: 11 Apr 2019 06:51
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10434

Actions (login required)

View Item View Item