WIDIYA KHUSNAWATI, 17201153127 (2019) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN IBADAH SHALAT DHUHA PESERTA DIDIK DI SMK ISLAM 1 DURENAN TRENGGALEK. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (688kB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (493kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (250kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (245kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (631kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (262kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (902kB) | Preview |
|
Text
BAB V.pdf Download (252kB) |
||
|
Text
BAB VI.pdf Download (157kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (226kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Widiya Khusnawati, NIM. 17201153127, “Strategi Guru PAI dalam Meningkatkan Kedisiplinan Ibadah Shalat Dhuha Peserta Didik di SMK Islam 1 Durenan Trenggalek”, Skripsi, dosen pembimbing: Dr. H. Zaini, S.Ag., M.Pd.I. Kata kunci : Strategi Guru, Kedisiplinan Ibadah Latar belakang: Dewasa ini masih terdapat muslim yang meninggalkan ibadah shalat sunnah khususnya shalat dhuha karena sifat kesunnahnnya atau kesibukan beraktivitas. Akan tetapi peserta didik di SMK Islam 1 Durenan Trenggalek sudah dibiasakan untuk melaksanakan shalat dhuha sebelum kegiatan belajar mengajar dilaksanakan. Namun dalam prakteknya terdapat beberapa hambatan kedisiplinan. Untuk itu diperlukan strategi khusus dari guru pendidikan agama Islam untuk mengatasi permasalahan tersebut. Fokus penelitian: 1. Bagaimana strategi guru PAI dalam meningkatkan kedisiplinan ibadah shalat dhuha peserta didik di SMK Islam 1 Durenan Trenggalek? 2. Bagaimana hambatan guru PAI dalam meningkatkan kedisiplinan ibadah shalat dhuha peserta didik di SMK Islam 1 Durenan Trenggalek? Bagaimana implikasi strategi guru PAI terhadap peningkatan kedisiplinan ibadah shalat dhuha peserta didik di SMK Islam 1 Durenan Trenggalek? Tujuan penelitian: 1. Untuk mengetahui strategi guru PAI dalam meningkatkan kedisiplinan ibadah shalat dhuha peserta didik di SMK Islam 1 Durenan Trenggalek. 2. Untuk mengetahui hambatan guru PAI dalam meningkatkan kedisiplinan ibadah shalat dhuha peserta didik di SMK Islam 1 Durenan Trenggalek. 3. Untuk mengetahui implikasi strategi guru PAI terhadap peningkatan kedisiplinan ibadah shalat dhuha peserta didik di SMK Islam 1 Durenan Trenggalek. Metode Penelitian: Pendekatan: penelitian Kualitatif. Jenis penelitian: deskriptif. Metode pengumpulan data: observasi-partisipan, wawancara mendalam, dokumen. Prosedur analisis data: reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data: perpanjangan keikutsertaan, ketekunan/keajegan pengamatan, dan triangulasi sumber dan metode. Hasil Penelitian: 1. Strategi guru PAI yaitu peraturan Kepala Sekolah, pemberian perintah berupa himbauan secara lisan, buku catatan keagamaan, pemberian hukuman/sanksi, pendampingan dan pengawasan serta absensi, pembiasaan, keteladanan dan tata tertib. 2. Hambatannya yaitu fasilitas sekolah kurang memadai, kurangnya kesadaran peserta didik dan kurangnya kedisiplinan guru. 3. Implikasinya yaitu meningkatnya kedisiplinan peserta didik, meningkatnya kecintaan kepada Allah Swt, memperoleh ketenangan, meningkatnya hafalan surah dan do’a sholat dhuha, menjadi terbiasa melaksanakan shalat dhuha di sekolah maupun di rumah.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 17201153127 WIDIYA KHUSNAWATI |
Date Deposited: | 11 Apr 2019 06:51 |
Last Modified: | 11 Apr 2019 06:51 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10434 |
Actions (login required)
View Item |