PENGARUH INTEGRASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN AL-QUR’AN TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN MATERI PERBANDINGAN KELAS VII MTS DARUL HIKMAH TAWANGSARI TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2018/2019

ALIF NUR JANAH, 17204153123 (2019) PENGARUH INTEGRASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN AL-QUR’AN TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN MATERI PERBANDINGAN KELAS VII MTS DARUL HIKMAH TAWANGSARI TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2018/2019. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (619kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (405kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (306kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (548kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (893kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (534kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (629kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (422kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (429kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Integrasi Pembelajaran Matematika dengan Al-qur’an Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Materi Perbandingan Kelas VII MTs Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung Tahun Ajaran 2018/2019” ini ditulis oleh Alif Nur Janah NIM. 17204153123, pembimbing: Musrikah, M. Pd. Kata Kunci: Pendekatan Integrasi, Matematika Al-qur’an, Perbandingan, Motivasi Belajar, Hasil belajar. Integrasi pembelajaran matematika dengan Al-qur’an merupakan salah satu cara yang digunakan untuk mengasah pemahaman dan kemampuan matematika peserta didik, juga dimaksudkan untuk menanamkan nilai-nilai islam pada peserta didik Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui pengaruh integrasi pembelajaran matematika dengan Al-qur’an terhadap motivasi belajar siswa MTs Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung pada pokok bahasan materi perbandingan kelas VII MTs Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung; 2) untuk mengetahui pengaruh integrasi pembelajaran matematika dengan Al-qur’an terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan perbandingan kelas VII MTs Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung; dan 3) untuk mengetahui pengaruh integrasi pembelajaran matematika dengan Al-qur’an terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada pokok bahasan materi perbandingan kelas VII MTs Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Desain dalam penelitian ini mengarah pada quasi eksperimental design tipe nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung sebanyak 266 siswa. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah cluster random sampling dengan kelas VII A sebagai kelas kontrol dan VII F sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulakan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, tes, observasi dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah angket dan tes. Uji yang digunakan untuk menganalisis data adalah uji normalitas dan uji homogenitas sebagai uji prasyarat dan uji t-test dan uji manova digunakan untuk uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) ada pengaruh integrasi pembelajaran matematika dengan Al-qur’an terhadap motivasi belajar siswa pada pokok bahasan materi perbandingan kelas VII MTs Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung yang dibuktikan dengan nilai -thitung (-5,695) ˂ -ttabel (-1,999) atau thitung (5,695) > ttabel (1,999); 2) ada pengaruh integrasi pembelajaran matematika dengan Al-qur’an terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan materi perbandingan kela VII MTs Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung yang dibuktikan dengan nilai -thitung (-6,590) ˂ -ttabel (-1,999) atau thitung (6,590) > ttabel (1,999); 3) ada pengaruh integrasi pembelajaran matematika dengan Al-qur’an terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada pokok bahasan materi perbandingan kelas VII MTs Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung, hal tersebut dibuktikan xvii dengan hasil analisi multivariate tests dengan nilai signifikansi untuk Pillai's Trace, Wilks' Lambda, Hotelling's Trace dan Roy's Largest Root = 0,000 ˂ 0,0

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 17204153123 ALIF NUR JANAH
Date Deposited: 03 May 2019 07:00
Last Modified: 03 May 2019 07:00
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10713

Actions (login required)

View Item View Item