Penerapan Metode Inquiry Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas V Di MI Assyafi’iyah Pikatan Wonodadi Blitar

Rofiqoh, Saadatur (2012) Penerapan Metode Inquiry Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas V Di MI Assyafi’iyah Pikatan Wonodadi Blitar. [ Skripsi ]

[img] Text
BAB I.rtf

Download (135kB)
[img] Text
BAB II.rtf

Download (355kB)
[img] Text
BAB III.rtf

Download (449kB)
[img] Text
BAB V.rtf

Download (71kB)
[img] Text
BAB IV.rtf

Download (767kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.rtf

Download (67kB)
[img] Text
SAMPUL-ABSTRAK.rtf

Download (10MB)
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Kata Kunci : Penerapan Metode Inquiry, Prestasi Belajar IPA Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena bahwa siswa kurang aktif dalam mencari pengetahuannya sendiri, siswa cenderung pasif dan hanya menuggu pemberian materi oleh guru, serta siswa terkadang berbicara dengan teman ketika dijelaskan oleh guru, pembelajaran didominasi oleh guru. Sehingga prestasi belajar IPA siswa kelas V MI Assyafi’iyah Pikatan relatif rendah. Oleh karena itu pada penelitian tindakan kelas ini dicoba untuk mengatasi rendahnya prestai belajar siswa dengan menerapkan metode inquiry dalam pembelajaran IPA. Metode inquiry memiliki berbagai kelebihan yang pada dasarnya dapat mengatasi permasalahan yang ditemukan pada MI Assyafi’iyah Pikatan. Diharapkan dengan pembelajaran tersebut dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah [1] Bagaimana penerapan metode inquiry pada mata pelajaran IPA siswa kelas V MI Assyafi’iyah Pikatan Wonodadi Blitar? [2] Apakah penerapan metode inquiry dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPA MI Assyafi’iyah Pikatan Wonodadi Blitar?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian dalam hal ini adalah [1] Mendiskripsikan penerapan metode inquiry pada mata pelajaran IPA siswa kelas V MI Assyafi’iyah Pikatan Wonodadi Blitar. [2] Mendiskripsikan penerapan metode inquiry dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPA MI Assyafi’iyah Pikatan Wonodadi Blitar. Skripsi ini bermanfaat bagi penulis untuk menambah wawasan pola pikir, sikap dan pengalaman sebagai upaya peningkatan kualitas profesi sebagai pengajar. Bagi Madrasah Ibtida’iyah Assyafi’iyah Pikatan, sebagai sumbangan pemikiran dalam rangka pembinaan dan peningkatan mutu pengajaran, baik bagi guru maupun lembaga pendidikan. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model spiral dari Kemmis dan Taggart dengan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: perencanaan tindakan, pelaksanaan kegiatan dan pengamatan/observasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V MI Assyafi’iyah Pikatan. Teknik pengumpulan data yang di gunakan adalah tes, wawancara, observasi dan catatan lapangan. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa telah terjadi peningkatan prestasi siswa dapat dilihat dari hasil evaluasi yang diberikan oleh guru yaitu pada tes awal nilai rata- rata siswa 61,9 dengan prosentase ketuntasan 19%, dilanjutkan siklus I nilai rata-rata siswa hanya mencapai 73,8 dengan prosentase ketuntasan 69% dan pada waktu siklus II nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 79,4 dengan prosentase ketuntasan 81%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode inquiry dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas V MI Assyafi’iyah Pikatan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 05 Feb 2015 04:05
Last Modified: 05 Feb 2015 04:05
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/1075

Actions (login required)

View Item View Item