Zainal Arifin, Ahmad (2012) Penggunaan Media Grafis Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas 1 B SD Islam Al Munawwar Karangwaru Tulungagung Tahun Ajaran 2011/2012. [ Skripsi ]
Text
DAFTAR PUSTAKA.doc Download (38kB) |
|
Text
COVER.docx Download (115kB) |
|
Text
DEPAN.docx Download (100kB) |
|
Text
BAB I PENDAHULUAN.docx Download (39kB) |
|
Text
BAB II TINJAUAN PUSTAKA.docx Download (139kB) |
|
Text
BAB III METODOLOGI PENELITIAN.docx Download (60kB) |
|
Text
BAB IV Paparan Hasil Penelitian.docx Download (96kB) |
|
Text
BAB V PENUTUP.docx Download (28kB) |
Abstract
Kata Kunci : media grafis, prestasi belajar matematika Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya ketakutan para siswa dalam mempelajari Matematika dan menyebabkan hasil belajarnya rendah. Hal ini disebabkan pembelajaran yang dilakukan oleh guru Matematika kurang bervariasi. Bahkan masih ada guru yang menggunakan pembelajaran tradisional yaitu hanya mentransfer pengetahuannya kepada siswa sehingga siswa bersifat pasif. Oleh karena itu peneliti menggunakan media grafis dalam pembelajarannya pada materi operasi hitung pengurangan sebagai upaya dalam meningkatkan prestasi belajar matematika siswa. Pembelajaran dengan menggunakan media grafis ini diharapkan dapat memotifasi siswa dan menjadikan kegiatan belajar mengajar menyenangkan dan menjadi lebih baik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana langkah-langkah penggunaan media grafis dalam meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas 1 B SD Islam Al Munawwar Karangwaru Tulungagung Tahun Ajaran 2011/2012? 2) Bagaimana prestasi belajar matematika siswa kelas I B SD Islam Al Munawwar Karangwaru Tulungagung dengan menggunakan media grafis? Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mendiskripsikan penggunaan media grafis dalam meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas 1 B SD Islam Al Munawwar Karangwaru Tulungagung Tahun Ajaran 2011/2012. 2) Untuk mengetahui prestasi belajar matematika siswa kelas I B SD Islam Al Munawwar Karangwaru Tulungagung dengan menggunakan media grafis. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Dimana dalam pelaksanaan tindakan PTK ini terdiri dari 4 tahap, yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi, dengan tujuan untuk membandingkan nilai sebelum tindakan dan sesudah tindakan. Pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Penggunaan media grafis berupa papan flanel dan gambar/foto yang dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IB SD Islam Al Munawwar Karangwaru Tulungagung, selain mudah juga menarik, siswa lebih mudah memahami materi yang diberikan oleh guru. Ini terbukti bahwa ketika mendengarkan penjelasan yang disampaikan oleh guru (peneliti) melalui media gambar/foto, siswa tampak antusias, senang dan bersemangat. Penggunaan media grafis dalam meningkatkan prestasi belajar siswa merupakan suatu media yang sangat efektif dalam proses belajar mengajar karena media grafis ini dapat dipergunakan untuk meyalurkan pesan dan dapat merangsang pikiran, dapat membangkitkan semangat, perhatian, dan kemauan siswa sehingga dapat mendorong terjadinya proses pembelajaran pada diri siswa. Ini terbukti pada siswa kelas IB SD Islam Al Munawwar sebelum menggunakan media grafis yaitu pada saat penelitian pratindakan kemampuan siswa dalam menjawab soal evaluasi termasuk kurang, dengan nilai rata-rata 53,77 dengan ketuntasan klasikal hanya sebesar 37%. Setelah menggunakan media grafis terbukti dari hasil pratindakan ke siklus I meningkat yaitu dari 37% menjadi 58,33%, sehingga kemampuan siswa dalam menjawab soal evaluasi termasuk cukup baik, dengan nilai rata-rata 66,41. Ini berarti terdapat peningkatan prestasi belajar. Kemampuan siswa pada siklus I sudah banyak mengalami peningkatan, akan tetapi siswa yang lulus KKM belum mencapai ≥70%, sehingga diperlukan siklus II untuk memenuhi KKM yang diinginkan. Pada siklus II ini terdapat peningkatan prestasi belajar siswa setelah penggunaan media grafis yang tampak dari adanya peningkatan ketuntasan belajar secara klasikal dari siklus I ke siklus II yaitu 58,33% menjadi 96,42% sehingga kemampuan siswa dalam menjawab soal evaluasi termasuk sangat baik, dengan nilai rata-rata 93,92.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | Endang Rifngati S.Sos |
Date Deposited: | 05 Feb 2015 04:13 |
Last Modified: | 05 Feb 2015 04:13 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/1077 |
Actions (login required)
View Item |