PENGARUH METODE PEMBELAJARAN SOSIODRAMA TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA DI MI PLUS AL-ISTIGHOTSAH PANGGUNGREJO TULUNGAGUNG

PUTRI MUSTIKA SARI, 17205153127 (2019) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN SOSIODRAMA TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA DI MI PLUS AL-ISTIGHOTSAH PANGGUNGREJO TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (216kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (384kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (437kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (387kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (363kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (360kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (331kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (194kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (296kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Metode Pembelajaran Sosiodrama Terhadap Minat dan Hasil Belajar Akidah Akhlak Peserta Didik di MI Plus AL-Istighotsah Panggungrejo Tulungagung” ini ditulis oleh Putri Mustika Sari, NIM 17205153127, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, IAIN Tulungagung, yang dibimbing oleh Bapak Dr. H Mochamad Arif Faizin, M.Ag. Kata Kunci : Metode Sosiodrama, Minat, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena pada era pendidikan sekarang bahwa variasi penggunaan metode pembelajaran sangat kurang, pembelajaran berlangsung dengan monoton hanya menggunakan metode konvensional. Hal ini berdampak pada rendahnya tingkat keaktifan peserta didik dalam suatu pembelajaran. Maka guru diharapkan mampu mengembangkan ketrampilan penggunaan metode pembelajaran yang lebih menarik dan sesuai dengan materi sehingga minat belajar peserta didik dapat tumbuh dan mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah : 1) Adakah pengaruh metode sosiodrama terhadap minat belajar Akidah Akhlak peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Plus Al-Istigotsah Panggungrejo? 2) Adakah pengaruh metode sosiodrama terhadap hasil belajar Akidah Akhlak peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Plus Al-Istigotsah Panggungrejo? 3) Adakah pengaruh metode sosiodrama terhadap minat dan hasil belajar Akidah Akhlak peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Plus Al-Istigotsah Panggungrejo? Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui pengaruh metode sosiodrama terhadap minat belajar Akidah Akhlak peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Plus Al-Istigotsah Panggungrejo. 2) Untuk mengetahui pengaruh metode sosiodrama terhadap hasil belajar Akidah Akhlak peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Plus Al-Istigotsah Panggungrejo. 3) Untuk mengetahui pengaruh metode sosiodrama terhadap minat dan hasil belajar Akidah Akhlak peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Plus Al-Istigotsah Panggungrejo. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dan jenis penelitiannya quasi experiment (eksperimen semu). Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket dan tes. Angket digunakan untuk memperoleh data tentang minat belajar sedangkan tes untuk memperoleh data tentang hasil belajar siswa di MI Plus Al-Istighotsah Panggungrejo dan kelas II sebagai sampelnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara metode pembelajaran Sosiodrama dengan minat belajar siswa di MI Plus Al-Istighotsah Panggungrejo. Hal ini berdasarkan perhitungan uji t untuk minat belajar Akidah Akhlak diperoleh Sig.(2-tailed) sebesar 0,001. Karena signifikansi < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara metode pembelajaran Sosiodrama dengan minat belajar Akidah Akhlak. 2) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara metode pembelajaran Sosiodrama dengan hasil belajar siswa di MI Plus Al-Istighotsah Panggungrejo. Hal ini berdasarkan perhitungan uji t untuk hasil belajar Akidah Akhlak diperoleh Sig.(2-tailed) sebesar 0,004. Karena signifikansi < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara metode pembelajaran Sosiodrama dengan hasil belajar Akidah Akhlak. 3) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara metode pembelajaran Sosiodrama dengan minat belajar dan hasil belajar siswa di MI Plus Al-Istighotsah Panggungrejo. Hal ini berdasarkan perhitungan uji manova untuk minat belajar dan hasil belajar Akidah Akhlak diperoleh Sig.(2-tailed) sebesar 0,001. Karena signifikansi < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara metode pembelajaran Sosiodrama dengan minat belajar dan hasil belajar Akidah Akhlak.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205153127 PUTRI MUSTIKA SARI
Date Deposited: 14 May 2019 02:53
Last Modified: 14 May 2019 02:53
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10854

Actions (login required)

View Item View Item