PENGARUH PERMAINAN BALOK TERHADAP KEMAMPUAN PENGENALAN BANGUN DATAR PADA ANAK KELOMPOK B DI RA RADEN FATAH BLITAR

DEVI ENGGA SETIYANI, 17206153002 (2019) PENGARUH PERMAINAN BALOK TERHADAP KEMAMPUAN PENGENALAN BANGUN DATAR PADA ANAK KELOMPOK B DI RA RADEN FATAH BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (625kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (295kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (94kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh permainan balok terhadap kemampuan mengenal bangun datar kelompok B di RA Raden Fatah Blitar” ini ditulis oleh Devi Engga Setiyani, NIM. 17206153002, Pembimbing Dr. H. Asrop Safi`i M,Ag. Kata kunci: permainan balok, kemampuan mengenal bangun datar Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal bangun datar dengan menggunakan permainan balok kelompok B di RA Raden Fatah Blitar. Kemampuan mengenal angka meliputi menyebutkan nama bangun datar dengan benar, menghubungkan gambar bangun datar dengan benda yang disekitar anak, mampu menyusun balok sesuai bentuknya. Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena bahwa kemampuan mengenal bangun datar pada anak masih kurang, serta kurangnya kemampuan kosentrasi pada anak. Salah satunya dengan permainan balok , diharapkan dengan bermain anak dapat belajar mengenal bangun datar dengan cara yang menyenangkan. Adapun yang menjadi tujuan peneliti ini adalah untuk menjelaskan pengaruh permainan balok terhadap kemampuan kognitif anak, kemampuan mengenal geometri dan kemampuan mengenal bangun datar pada anak kelompok B di RA Raden Fatah Blitar. Jenis dan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pndekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Pengumpulan data di peroleh dengan cara observasi dan dokumentasi. Analisis data dan uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji mann whitney karena data penelitian merupakan data ordinal. Dari hasil analisis uji mann Whitney diperoleh dari hasil post test kelas eksperimen dan kelas kontrol untuk kemampuan kognitif nilai Sig. (0.00 < 0,05) dan didukung rata-rata dari (kelas eksperimen = 26,38 kelas kontrol = 1 4,62), hasil post test kelas eksperimen dan kelas kontrol untuk kemampuan mengenal bangun geometri nilai Sig. (0.00 < 0,05) dan didukung rata-rata dari (kelas eksperimen = 27,55 kelas kontrol = 13,45) dan hasil post test kelas eksperimen dan kelas kontrol untuk kemampuan kognitif nilai Sig. (0.00 < 0,05) dan didukung rata-rata dari (kelas eksperimen = 28,50 kelas kontrol = 12,50). Maka dapat disimpulkan dari ketiga uji rumusan diatas bahwa Ha diterima jadi terdapat pengaruh permainan balok terhadap kemampuan mengenal bangun datar anak kelompok B di RA Raden Fatah Blitar

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > PAUD
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal
Depositing User: 17206153002 DEVI ENGGA SETIYANI
Date Deposited: 13 May 2019 07:42
Last Modified: 13 May 2019 07:42
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10992

Actions (login required)

View Item View Item