DEVI ENGGA SETIYANI, 17206153002 (2019) PENGARUH PERMAINAN BALOK TERHADAP KEMAMPUAN PENGENALAN BANGUN DATAR PADA ANAK KELOMPOK B DI RA RADEN FATAH BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (625kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (150kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (155kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (295kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (196kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (152kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (73kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (98kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (94kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh permainan balok terhadap kemampuan mengenal bangun datar kelompok B di RA Raden Fatah Blitar” ini ditulis oleh Devi Engga Setiyani, NIM. 17206153002, Pembimbing Dr. H. Asrop Safi`i M,Ag. Kata kunci: permainan balok, kemampuan mengenal bangun datar Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal bangun datar dengan menggunakan permainan balok kelompok B di RA Raden Fatah Blitar. Kemampuan mengenal angka meliputi menyebutkan nama bangun datar dengan benar, menghubungkan gambar bangun datar dengan benda yang disekitar anak, mampu menyusun balok sesuai bentuknya. Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena bahwa kemampuan mengenal bangun datar pada anak masih kurang, serta kurangnya kemampuan kosentrasi pada anak. Salah satunya dengan permainan balok , diharapkan dengan bermain anak dapat belajar mengenal bangun datar dengan cara yang menyenangkan. Adapun yang menjadi tujuan peneliti ini adalah untuk menjelaskan pengaruh permainan balok terhadap kemampuan kognitif anak, kemampuan mengenal geometri dan kemampuan mengenal bangun datar pada anak kelompok B di RA Raden Fatah Blitar. Jenis dan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pndekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Pengumpulan data di peroleh dengan cara observasi dan dokumentasi. Analisis data dan uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji mann whitney karena data penelitian merupakan data ordinal. Dari hasil analisis uji mann Whitney diperoleh dari hasil post test kelas eksperimen dan kelas kontrol untuk kemampuan kognitif nilai Sig. (0.00 < 0,05) dan didukung rata-rata dari (kelas eksperimen = 26,38 kelas kontrol = 1 4,62), hasil post test kelas eksperimen dan kelas kontrol untuk kemampuan mengenal bangun geometri nilai Sig. (0.00 < 0,05) dan didukung rata-rata dari (kelas eksperimen = 27,55 kelas kontrol = 13,45) dan hasil post test kelas eksperimen dan kelas kontrol untuk kemampuan kognitif nilai Sig. (0.00 < 0,05) dan didukung rata-rata dari (kelas eksperimen = 28,50 kelas kontrol = 12,50). Maka dapat disimpulkan dari ketiga uji rumusan diatas bahwa Ha diterima jadi terdapat pengaruh permainan balok terhadap kemampuan mengenal bangun datar anak kelompok B di RA Raden Fatah Blitar
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > PAUD |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal |
Depositing User: | 17206153002 DEVI ENGGA SETIYANI |
Date Deposited: | 13 May 2019 07:42 |
Last Modified: | 13 May 2019 07:42 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10992 |
Actions (login required)
View Item |