PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMAN 1 TULUNGAGUNG

VIVIN FEBRIA ALUTTFI NI'MAH, 2811133274 (2019) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMAN 1 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (254kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (89kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Vivin Febria Aluttfi Nikmah, 2811133274, 2017. “ Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI di SMAN 1 TULUNGAGUNG ”, Skripsi Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN)Tulungagung, Pembimbing oleh Dr. H. Abd. Aziz, M.Pd.I KataKunci: Media Pembelajaran, MotivasiBelajar, HasilBelajar Media Pembelajaran merupakan salah satu alat bantu dalam pembelajaran. Media pembelajaran berguna untuk membantu seorang pengajar dalam menyampaikan materi kepada pelajar supaya materi bisa lebih cepat diterima dengan baik. Motivasi belajar berarti dorongan atau semangat dari diri bahkan bisa didapatkan dari orang lain. Motivasi biasanya berguna untuk memberikan semangatbarukepada seorang pelajaryang malasbelajar,sehinggabisamenjadi semangat belajar lagi. Motivasi ini bisa didapatkan dari dalam diri kita sendiri bahkan bisa juga dari orang tua,guru dan teman. Hasil belajar merupakan perolehan dari proses belajar siswa sesuai dengan tujuan pengajaran. Dalam proses pembelajaran guna memahami materi pelajaran penggunaan media pembelajaran dan motivasi belajar sediki tmemberi pengaruh terhadap hasil belajarnya. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Adakah pengaruh penggunaan media pembelajaran terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Tulungagung ? (2)Adakah pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Tulungagung ? (3) Adakah pengaruh penggunaan media pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Tulungagung ? Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Tulungagung. (2) Untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Tulungagung. (3) Untuk mengetahui penggunaan media pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Tulungagung. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif korelatif. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas XII IPS dan IPA SMAN 1 Tulungagung. Hasil penelitian dalam skripsi ini menunjukkan bahwa (1) Pengaruh penggunaan media pembelajaran mata pelajaran PendidikanAgama Islam di SMAN 1 Tulungagung pada siswa memberikan sumbangan sebesar11,6 %(2) Pengaruh motivasi belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Tulungagung pada siswa memberikan sumbangan sebesar 17,3 % terhadap hasil belajar siswa. (3) Berdasarkan uji F menunjukkan probabilitas (sig)0,006<0,05, halini menunjukkan bahwa secara simultan ada pengaruh yang signifikanan tara penggunaan media pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Tulungagung. Penggunaan media pembelajaran dan motivasi mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Tulungagung pada siswa memberikan sumbangan sebesar 18% terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S.Pd 2811133274 VIVIN FEBRIA ALUTTFI NI'MAH
Date Deposited: 14 May 2019 02:36
Last Modified: 14 May 2019 02:36
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11269

Actions (login required)

View Item View Item