AINUN JAMILAH, 1724143016 (2019) PERBEDAAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN OPEN ENDED DENGAN PROBLEM POSING DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (687kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (259kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (132kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (313kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (362kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (205kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (288kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (161kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (89kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (189kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Perbedaan Kemampuan Representasi Matematis Melalui Penerapan Pendekatan Open Ended dengan Problem Posing di Kelas VIII SMP Negeri 1 Sumbergempol Tulungagung” ini ditulis oleh Ainun Jamilah, NIM. 1724143016, dibimbing oleh Dr. Dewi Asmarani, M.Pd. Kata Kunci: Representasi Matematis, Open Ended, Problem Posing. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh laporan dari The Third International Mathematics and Sciense Study (TIMSS) dan Programme for International Student Assesment (PISA) bahwa kemampuan representasi siswa Sekolah Menengah Pertama di Indonesia dalam merepresentasikan ide atau konsep matematis masih tergolong rendah. Hal ini disebabkan karena peserta didik masih kesulitan dalam (1) memberikan penjelasan dan mengomunikasikannya berdasar interpretasi mereka, (2) menghubungkan representasi yang mereka peroleh dengan situasi dunia nyata. Adapun yang menjadi tujuan penelitian: (1) Untuk mengetahui perbedaan kemampuan representasi matematis melalui pendekatan open ended dengan problem posing di kelas VIII SMP Negeri 1 Sumbergempol Tulungagung. (2) Untuk mengetahui pendekatan mana yang lebih baik untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Sumbergempol Tulungagung. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain posttest-only control design dan pendekatannya kuantitatif. Instrumen yang digunakan berupa tes representasi matematis. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Sumbergempol tahun ajaran 2017/2018. Pengambilan sampel dilakukan dengan random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII A sebagai kelas eksperimen yang mendapat pembelajaran dengan pendekatan open ended dan peserta didik kelas VIII D sebagai kelas pembanding yang mendapat pembelajaran dengan pendekatan problem posing. Hasil penelitian: (1) Ada perbedaan kemampuan representasi matematis melalui penerapan pendekatan open ended dengan problem posing di kelas VIII SMP Negeri 1 Sumbergempol Tulungagung. Dari hasil analisis data menggunakan uji t diperoleh thitung sebesar 4,471 sedangkan nilai ttabel pada taraf signifikansi 5% diperoleh 1,992. Hal ini menunjukkan adanya perbedaan kemampuan representasi matematis yang signifikan antara peserta didik yang mendapat pembelajaran dengan pendekatan open ended dan pendekatan problem posing. (2) Pendekatan open ended lebih baik diterapkan untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Sumbergempol Tulungagung yang dapat dilihat dari nilai rata-rata kelas sebesar 82,03.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 1724143016 AINUN JAMILAH |
Date Deposited: | 14 May 2019 04:12 |
Last Modified: | 14 May 2019 04:12 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11290 |
Actions (login required)
View Item |