PENGARUH STRATEGI PEMASARAN, FASILITAS DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN MENJADI ANGGOTA PEMBIAYAAN DI BMT PAHLAWAN TULUNGAGUNG

LUTFI KURNIA PUTRI, 17401153197 (2019) PENGARUH STRATEGI PEMASARAN, FASILITAS DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN MENJADI ANGGOTA PEMBIAYAAN DI BMT PAHLAWAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (696kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (593kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (375kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (392kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (459kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (293kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (147kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Strategi Pemasaran, Fasilitas dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Menjadi Anggota Pembiayaan Di BMT Pahlawan Tulungagung” ini ditulis oleh Lutfi Kurnia Putri, NIM. 17401153197, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Jurusan Perbankan Syariah, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung dibimbing oleh Dr. Hj. Chusnul Chotimah, M.Ag. Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena semakin banyaknya lembaga-lembaga keuangan syariah dan persaingan yang semakin kuat dan ketat. Sehingga pihak lembaga keuangan syariah harus mempunyai strategi yang kuat pula untuk menghadapi persaingan agar dapat mempengaruhi anggota untuk menjadi anggota pembiayaan. Salah satu strategi yang kuat misalnya dengan adanya pemasaran yang baik, maupun menjalin komunikasi yang berkelanjutan. Adanya fasilitas yang memadai baik eksternal maupun internal. Adanya penetapan pelayanan yang baik, sopan dan sesuai dengan prinsip syariah. Sehingga anggota memiliki penilaian dan pengetahuan yang baik pula terhadap lembaga. Dan dengan cara itulah nantinya akan menciptakan daya tarik tersendiri pada anggotanya dan juga akan menimbulkan kesan kesetiaan anggota terhadap pihak lembaga. Dalam hal ini peneliti menghubungkan variabel strategi pemasaran, fasilitas dan kualitas pelayanan terhadap keputusan menjadi anggota pembiayaan di BMT Pahlawan Tulungagung. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: (1) Apakah strategi pemasaran berpengaruh signifikan terhadap keputusan menjadi anggota pembiayaan di BMT Pahlawan Tulungagung? (2) Apakah fasilitas berpengaruh siginifikan terhadap keputusan menjadi anggota pembiayaan di BMT Pahlawan Tulungagung? (3) Apakah kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap keputusan menjadi anggota pembiayaan di BMT Pahlawan Tulungagung? (4) Apakah secara bersama-sama strategi pemasaran, fasilitas dan kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap keputusan menjadi anggota pembiayaan di BMT Pahlawan Tulungagung? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer. Teknik pengambilan data menggunakan kuesioner, teknik pengambilan sampel mengunakan simple random sampling, jumlah sampel yang diguankan dalam penelitian ini sebanyak 94 responden. Skala pengukuran yang digunakan yaitu skala likert. Teknik analisis data yang digunakan meliputi: (1) uji validitas dan uji reliabilitas, (2) uji asumsi klasik meliputi uji normalitas data, uji multikolinieritas dan uji heteroskedasitas, (3) uji regresi linier berganda, (4) uji hipotesis meliputi uji-t (parsial) dan uji f (bersama-sama), (5) uji koefisien determinasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa:(1) Strategi pemasaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menjadi anggota pembiayaan.(2) Fasilitas berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap keputusan menjadi anggota pembiayaan.(3) Kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menjadi anggota pembiayaan.(4) Strategi pemasaran, fasilitas dan kualitas pelayanan secara simultan (bersamasama) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menjadi anggota pembiayaan di BMT Pahlawan Tulungagung. Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Fasilitas, Kualitas Pelayanan dan Keputusan Menjadi Anggota.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Bisnis Islam
Ekonomi > Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: 17401153197 LUTFI KURNIA PUTRI
Date Deposited: 14 May 2019 06:33
Last Modified: 14 May 2019 06:33
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11308

Actions (login required)

View Item View Item