ULFA SEPTIANA, 17208153035 (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EVERY ONE IS A TEACHER HERE (ETH) DENGAN MEDIA CONCEPT MAPPING TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA MATERI SISTEM PERNAPASAN PADA MANUSIA KELAS VIII MTSN 7 TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2018/2019. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (120kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (98kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (182kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (357kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Download (232kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Download (290kB) |
||
Text
BAB V.pdf Download (136kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Download (100kB) |
||
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (125kB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Every One Is a Teacher Here (ETH)dengan Media ConceptMapping Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Biologi Siswa Materi Sistem Pernapasan Pada Manusia Kelas VIII MTsN 7 Tulungagung Tahun Ajaran 2018/2019” ini ditulis oleh Ulfa Septiana, NIM 17208153035 Jurusan Tadris Biologi, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. Maryono, M.Pd. Kata Kunci: Every One is a Teacher Here (ETH), Concept Mapping, Minat, Hasil Belajar. Siswa sering mengeluh jika dihadapkan pada mata pelajaran IPA karena bagi mereka merupakan mata pelajaran yang menakutkan khususnya Biologi.Materi sistem pernapasan pada manusia merupakan materi yang terdapat hal-hal menyangkut konsep, proses, atau gejala yang masih abstrak sehingga perlu adanya penggunaan media dan model pembelajaran yang tepat agar memudahkan siswa dalam memahami materi.Oleh karena itu proses pembelajaran diperlukan model pembelajaran yang dapat meningkatkan minat dan hasil belajar. Dalam hal ini peneliti menghubungkan model pembelajaran Every One is a Teacher Here (ETH)dengan didampingi media Concept Mapping. Model pembelajaran Every One is a Teacher Here (ETH)dengan didampingi media Concept Mappingdiharapkan dapat meningkatkan hasilbelajar siswa sehingga siswa yang memiliki minat belajar tinggi yang dapat berpengaruh terhadap hasil belajarnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Pengaruh model pembelajaran Every One is a Teacher Here (ETH) dengan Media Concept Mappingterhadap minat belajarsiswa materi sistem pernapasanpada manusia. (2) Pengaruh model pembelajaran Every One is a Teacher Here (ETH) dengan Media Concept Mappingterhadap hasil belajarsiswa materi sistem pernapasanpada manusia.(3) Pengaruh model pembelajaran Every One is a Teacher Here (ETH) dengan Media Concept Mappingterhadap minat dan hasil belajarsiswa materi sistem pernapasanpada manusia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif bertujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran Every One is a Teacher Here (ETH) terhadap minat dan hasil belajar. Dalam hal ini peneliti mengambil 2 kelas dari total kelas yang ada berjumlah 76 siswa yang dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan tes. Analisis data menggunakan uji t dan uji manova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:(1) Ada pengaruh model pembelajaran Every One is a Teacher Here (ETH) dengan media Concept Mapping terhadap minat belajar siswadengan signifikansi 0,00 > 0,05 yaituFhitung=3,177>Ftabel=1,992, (2) Ada pengaruh model pembelajaran Every One is a Teacher Here (ETH)dengan media Concept Mapping terhadap hasil belajarsiswa dengan signifikansi 0,00 > 0,05 yaituFhitung=6,663>Ftabel=1,992, (3) Ada pengaruh model pembelajaran Every One is a Teacher Here (ETH) dengan media Concept Mapping terhadap minat dan hasil belajar siswa dengansignifikansi 0,02<0,05 &0,00<0,05.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama Biologi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi |
Depositing User: | 17208153035 ULFA SEPTIANA |
Date Deposited: | 18 Jun 2019 05:02 |
Last Modified: | 13 Apr 2020 03:51 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11453 |
Actions (login required)
View Item |