PENGARUH PENGGUNAAN METODE GIVING QUESTIONS AND GETTING ANSWER TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VIII MTsN 1 TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2018-2019

RESTI NUGRA WATI, 17209153007 (2019) PENGARUH PENGGUNAAN METODE GIVING QUESTIONS AND GETTING ANSWER TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VIII MTsN 1 TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2018-2019. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER BENAR.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (734kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (709kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (607kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (452kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV (4).pdf

Download (790kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (485kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (372kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (368kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Metode Giving Questions And Getting Answer Terhadap Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VIII di MTsN 1 Tulungagung Tahun Ajaran 2018/2019” ini ditulis oleh Resti Nugra Wati, NIM 17209153007, pembimbing Dr. Dewi Asmarani, M.Pd. Kata Kunci: Giving Questions And Getting Answer, Motivasi Belajar, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi belajar dan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPS. Hal ini disebabkan karena pembelajaran banyak didominasi oleh guru, sehingga mengakibatkan siswa kurang termotivasi dan hasil belajarnya rendah. Oleh karena itu, diperlukan suatu metode pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk dapat mengkonstruksikan sendiri pengetahuannya, salah satunya adalah Metode Giving Questions And Getting Answer. Metode ini dikembangkan untuk melatih siswa agar memiliki kemampuan, ketrampilan bertanya dan menjawab pertanyaan. Metode Giving Questions And Getting Answer sangat baik digunakan untuk melibatkan siswa dalam mengulang materi pelajaran yang telah disampaikan. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui pengaruh metode Giving Questions And Getting Answer Terhadap Motivasi Belajar, (2) untuk mengetahui pengaruh metode Giving Questions And Getting Answer Terhadap Hasil Belajar, (3) untuk mengetahui pengaruh metode Giving Questions And Getting Answer Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar IPS siswa kelas VIII MTsN 1 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTsN 1 Tulungagung. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data statistik yaitu Uji Independen Sampel t-Test dan Uji MANOVA. Berdasarkan hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh Metode Giving Questions and Getting Answer terhadap Motivasi belajar siswa. Terbukti dengan nilai sig 0.003<0,05 dan t_hitung > t_tabel = 3.060 > 1.998 dengan rata-rata motivasi belajar siswa kelas eksperimen 76.18 dan kelas kontrol 69.72. (2) Ada pengaruh Metode Giving Questions and Getting Answer terhadap Hasil Belajar. Terbukti dengan nilai sig 0.000<0,05 dan t_hitung > t_tabel = 3.871 > 1.998 dengan rata-rata motivasi belajar siswa kelas eksperimen 78.96 dan kelas kontrol 72.66. (3) Ada Pengaruh Metode Giving Questions and Getting Answer terhadap Motivasi belajar dan Hasil Belajar. Hal ini terbukti dari analisis Pillai’s Trace, Wilks’Lambda, Hotelling’s Trace, Roy’s Largets Root, dimana Sig 0.000 < 0.05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: resti 17209153007 nugra wati
Date Deposited: 17 May 2019 03:46
Last Modified: 17 May 2019 03:46
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11463

Actions (login required)

View Item View Item