PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN EVERYONE IS A TEACHER HERE TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MTsN 7 TULUNGAGUNG

EKA ANDRIANI, 17201153129 (2019) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN EVERYONE IS A TEACHER HERE TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MTsN 7 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (863kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (464kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (425kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (438kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (709kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (583kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (314kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (207kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Strategi Pembelajaran Everyone Is A Teacher Here Terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih di MTsN 7 Tulungagung” ini ditulis oleh Eka Andriani, NIM. 17201153129, pembimbing Germino Wahyu Broto, M.Si. Kata kunci: Everyone Is A Teacher Here, Keaktifan Belajar, Hasil Belajar. Penelitian ini memiliki latarbelakang adanya guru yang masih menggunakan pembelajaran konvensional (ceramah) yang berpusat pada guru dan belum menerapkan pembelajaran yang melibatkan partisipasi kelas yang besar, siswa masih kurang dalam berpikir kritis, pasif, tidak memperhatikan penjelasan guru, bahkan siswa tidak mempunyai keberanian untuk bertanya maupun menjawab pertanyaan. Hal tersebut mengakibatkan hasil belajarnya rendah. Oleh karena itu diperlukan strategi pembelajaran yang dapat menjadikan siswa berperan aktif, bersemangat, dan tertarik dengan materi yang disampaikan. Strategi pembelajaran tersebut adalah Everyone Is A Teacher Here. Everyone Is A Teacher Here merupakan strategi mudah untuk mendapatkan partisipasi kelas secara keseluruhan dan pertanggungjawaban individu, strategi tersebut memberikan kesempatan bagi setiap siswa untuk bertindak sebagai “guru” bagi siswa lain. Dengan strategi tersebut, siswa yang selama ini pasif akan ikut serta dalam pembelajaran secara aktif dan hasil belajarnya akan lebih meningkat. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Adakah pengaruh strategi pembelajaran Everyone Is A Teacher Here terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih di MTsN 7 Tulungagung?, (2) Adakah pengaruh strategi pembelajaran Everyone Is A Teacher Here terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih di MTsN 7 Tulungagung?, (3) Adakah perbedaan keaktifan dan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol pada mata pelajaran Fiqih di MTsN 7 Tulungagung? Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran Everyone Is A Teacher Here terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih di MTsN 7 Tulungagung, (2) Untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran Everyone Is A Teacher Here terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih di MTsN 7 Tulungagung, (3) Untuk mengetahui perbedaan keaktifan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol pada mata pelajaran Fiqih di MTsN 7 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen kuasi (Quasi Experimental) dengan desain Nonequivalent Control Grup Design. Populasi penelitian yaitu seluruh kelas VIII MTsN 7 Tulungagung. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas yang diambil dengan teknik purposive sampling, yaitu kelas VIII A (kelas eksperimen) dan kelas VIII C (kelas kontrol). Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, observasi, tes, dan wawancara. Analisis datanya menggunakan tiga uji, yaitu: (1) Uji Instrumen (validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda soal), (2) Uji xvii Prasyarat (normalitas dan homogenitas), (3) Uji Hipotesis (uji t dan uji MANOVA). Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada pengaruh yang signifikan strategi pembelajaran Everyone Is A Teacher Here terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih di MTsN 7 Tulungagung. Hal ini ditunjukkan dengan nilai sig. (2-tailed) 0,000 ≤ 0,05, maka Ha diterima dan Ho ditolak. Selain itu,

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201153129 EKA ANDRIANI
Date Deposited: 18 Jun 2019 05:04
Last Modified: 18 Jun 2019 05:04
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11586

Actions (login required)

View Item View Item