KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA MATERI BILANGAN DI MTS DARUL HIKMAH TAWANGSARI TULUNGAGUNG

NISKI LARAS, 17204153018 (2019) KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA MATERI BILANGAN DI MTS DARUL HIKMAH TAWANGSARI TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (491kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (528kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (964kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (505kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV-.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (312kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Bilangan di MTs Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung” ditulis oleh Niski Laras, NIM. 17204153018 pembimbing Dr. Dewi Asmarani, M.Pd. Kata Kunci : Kemampuan Berpikir Kritis Latar belakang penelitian ini adalah banyak anak yang gagal dalam memahami masalah karena kurang kritis. Hal itu dilihat dari kemampuan siswa mengerjakan soal cerita, dan soal tidak terstruktur. Ada sekelompok anak yang cepat tanggap dalam mengerjakan, ada yang lambat, dan ada yang tidak bisa sama sekali, karna kemampuan dari setiap anak berbeda. Dari berbagai permasalahan yang timbul mengenai berpikir kritis, peneliti ingin meneliti dengan memberikan soal dalam bentuk cerita dan soal yang tidak terstruktur ke dalam beberapa tingkatan siswa, meliputi : tingkat rendah, tingkat sedang, tingkat tinggi, guna melihat dan menganalisis bentuk soal dan berapa waktu yang diperlukan dalam mengerjakan, serta membangun kemampuan berpikir kritis siswa agar lebih mudah menerima dari berbagai permasalahan soal. Tujuan Penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa dengan kemampuan akademik tinggi dalam menyelesaikan soal matematika pada materi bilangan di Kelas VII-G MTs Darul hikmah Tawangsari Tulungagung Semester Genap Tahun Ajaran 2018/2019. (2) Mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa dengan kemampuan akademik sedang dalam menyelesaikan soal matematika pada materi bilangan di Kelas VII-G MTs Darul hikmah Tawangsari Tulungagung Semester Genap Tahun Ajaran 2018/2019. (3) Mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa dengan kemampuan akademik rendah dalam menyelesaikan soal matematika pada materi bilangan di Kelas VII-G MTs Darul hikmah Tawangsari Tulungagung Semester Genap Tahun Ajaran 2018/2019. Pendekatan yang dilakukan adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung. Subjek penelitian yang dipilih terdiri dari 3 siswa yang berkemampuan tinggi, sedang, rendah. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, soal tes, dan wawancara. Teknik analisis data melalui 3 tahap, reduksi data, paparan data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh meliputi: (1) Siswa dengan kemampuan akademik tinggi, berada pada TKBK 3. Subjek mampu memenuhi ketujuh indikator berpikir kritis serta mampu menyelesaikan masalah melalui 4 tahap pemecahan masalah. (2) Siswa dengan kemampuan akademik sedang, berada pada TKBK 2. Subjek mampu memenuhi keenam indikator berpikir kritis serta mampu menyelesaikan masalah melalui 3 tahap pemecahan masalah. (3) Siswa dengan kemampuan akademik rendah, berada pada TKBK 0. Subjek tidak mampu memenuhi semua indikator berpikir kritis dan hanya sampai pada merumuskan pokok-pokok permasalahan yang ada dengan jelas.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 17204153018 Niski Laras
Date Deposited: 19 Jun 2019 02:47
Last Modified: 19 Jun 2019 02:47
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11589

Actions (login required)

View Item View Item