PENGARUH METODE CERAMAH PLUS DAN RESITASI TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK MI TARBIYATUL ISLAMIYAH TENGGUR REJOTANGAN TULUNGAGUNG

SELA HARTIANA, 17205153025 (2019) PENGARUH METODE CERAMAH PLUS DAN RESITASI TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK MI TARBIYATUL ISLAMIYAH TENGGUR REJOTANGAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (637kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (316kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (271kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (296kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (191kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (746kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (92kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Sela Hartiana, 17205153025, Pengaruh Metode Ceramah Plus dan Resitasi terhadap Hasil Belajar IPA peserta didik kelas IV MI Tarbiyatul Islamiyah Tenggur Rejotangan Tulungagung. Jurusan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, Pembimbing: Dr. H. Nursamsu, S.Pd.I., M.Pd. Kata Kunci: Ceramah Plus, Resitasi, Hasil Belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih digunakannya metode ceramah (konvensional) pada setiap pembelajaran walaupun sudah memakai kurikulum 2013, khususnya di MI Tarbiyatul Islamiyah Tenggur Rejotangan Tulungagung. Pada saat proses pembelajaran guru harus mampu menarik perhatian dan fokus peserta didik untuk mengikuti pembelajaran yang sedang berlangsung. Apabila peserta didik kurang tertarik pada pembelajaran yang berlangsung karena penggunaan metode yang kurang tepat, maka itu akan berimbas pada hasil belajar peserta didik. Oleh sebab itu, diperlukan inovasi pada metode pembelajaran yang dilakukan supaya peserta didik lebih fokus, tertarik, dan pada akhirnya akan paham dengan materi atau pelajaran yang disampaikan pada saat pembelajaran berlangsung. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah (1) Adakah pengaruh metode ceramah plus terhadap hasil belajar IPA kelas IV Tema 6 Subtema 3 Pembelajaran 1 MI Tarbiyatul Islamiyah Tenggur, Rejotangan, Tulungagung ? (2) Adakah pengaruh resitasi terhadap hasil belajar IPA kelas IV Tema 6 Subtema 3 Pembelajaran 1 MI Tarbiyatul Islamiyah Tenggur, Rejotangan, Tulungagung ? (3) Adakah pengaruh metode ceramah plus dan resitasi terhadap hasil belajar IPA kelas IV Tema 6 Subtema 3 Pembelajaran 1 MI Tarbiyatul Islamiyah Tenggur, Rejotangan, Tulungagung ?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk menjelaskan pengaruh metode ceramah plus terhadap hasil belajar IPA kelas IV Tema 6 Subtema 3 Pembelajaran 1 MI Tarbiyatul Islmaiyah Tenggur, Rejotangan, Tulungagung. (2) Untuk menjelaskan pengaruh metode resitasi terhadap hasil belajar IPA kelas IV Tema 6 Subtema 3 Pembelajaran 1 MI Tarbiyatul Islamiyah Tenggur, Rejotangan, Tulungagung. (3) Untuk menjelaskan pengaruh metode ceramah plus dan resitasi terhadap hasil belajar IPA kelas IV Tema 6 Subtema 3 Pembelajaran 1 MI Tarbiyatul Islamiyah Tenggur, Rejotangan, Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis eksperimen semu. Populasinya adalah seluruh peserta didik kelas IV di MI Tarbiyatul Islamiyah Tenggur. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara sampling jenuh, yaitu yang dijadikan sampel seluruh peserta didik kelas V yang berjumlah 53 peserta didik. Dengan rincian keklas IV A (kelas eksperimen) 31 peserta didik dan kelas IV B (kelas kontrol) 22 peserta didik. Teknik pengumpulan datanya menggunakan tes, dengan teknik analisis data berupa uji regresi berganda dan uji F yang sebelumnya diuji prasyarat yaitu dengan normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) berdasarkan perhitungan uji regresi berganda post tes ceramah plus diperoleh Sig.(2-tailed) 0,016<0,05. Sehingga H0 ditolak dan Ha diterima, artinya ada pengaruh yang signifikan antara metode ceramah plus terhadap hasil belajar IPA kelas IV MI Tarbiyatul Islamiyah Tenggur, Rejotangan, Tulungagung. (2) Berdasarkan perhitungan uji regresi berganda posttes resitasi diperoleh Sig.(2-tailed) 0,030<0,05. Sehingga H0 ditolak dan Ha diterima, artinya ada pengaruh yang signifikan antara metode resitasi terhadap hasil belajar IPA kelas IV MI Tarbiyatul Islamiyah Tenggur, Rejotangan, Tulungagung. (3) Berdasarkan perhitungan uji F posttes metode ceramah plus dan resitasi diperoleh Sig.(2-tailed) 0,005<0,05. Sehingga H0 ditolak dan Ha diterima, artinya ada pengaruh yang signifikan antara metode ceramah plus dan resitasi terhadap hasil belajar IPA kelas IV MI Tarbiyatul Islmaiyah Tenggur, Rejotangan, Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205153025 SELA HARTIANA
Date Deposited: 25 Jun 2019 07:40
Last Modified: 25 Jun 2019 07:40
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11682

Actions (login required)

View Item View Item