PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MI DARUL HIKMAH PIKATAN WONODADI BLITAR

ILVA IZANATUN NAJAH, 17205153106 (2019) PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MI DARUL HIKMAH PIKATAN WONODADI BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (708kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (615kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (386kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (181kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa MI Darul Hikmah Pikatan Wonodadi Blitar” ini ditulis oleh Ilva Izanatun Najah, NIM. 17205153106, pembimbing Dr. H. Asrop Safi’i, M.Ag. Kata Kunci: Perhatian, Orang Tua, Prestasi, Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa banyak orang tua yang beranggapan keberhasilan belajar anaknya ditentukan bagaimana cara guru mendidikdan melakukan pembelajaranya ketika di sekolah. beberapa orang tua siswa yang kurang memperhatikan pendidikan anaknya seperti tidak mengontrol kemajuan belajarnya, acuh terhadap prestasi anak, tidak memberikan motivasi kepada anak, pemberian bimbingan belajar yang kurang dan menyebabkan anak kurang berhasil dalam belajarnya karena suatu permasalahan diantaranya broken home dan orang tua yang sibuk bekerja bahkan sampai meninggalkan anaknya untuk pergi keluar negeri. Seharusnya perhatian orang tua lah yang menjadi titik acuan utama dalam keberhasilan berlangsungnya proses pembelajaran yang berdampak pada prestasi belajar siswa. Komunikasi orang tua dengan anak memegang peranan penting dalam membina hubungan keduanya misalnya membimbing, membantu, mengarahkan, menyayangi, menasehati, mengecam, mengomando, dan lain sebagainya. Orang tua yang kurang bisa berkomunikasi dengan anaknya akan menimbulkan kerenggangan atau konflik hubungan, sebaliknya orang tua yang dapat menerima anaknya sebagaimana adanya akan cenderung tumbuh berkembang membuat perubahan-perubahan nyang membangun, belajar memecahkan masalah-masalah dan secara psikologis semakin sehat, semakin produktif, kreatif, mampu mengaktualisasikan potensi sepenuhnya. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Adakah pengaruh perhatian orang tua berupa mengatur waktu belajar terhadap prestasi belajar siswa MI Darul Hikmah Pikatan Wonodadi Blitar? (2) Adakah pengaruh perhatian orang tua berupa menciptakan suasana rumah yang tenang dan tentram terhadap prestasi belajar siswa MI Darul Hikmah Pikatan Wonodadi Blitar? (3) Adakah pengaruh perhatian orang tua berupa pemenuhan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa MI Darul Hikmah Pikatan Wonodadi Blitar? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan hubungan perhatian orang tua dengan prestasi belajar siswa di MI Darul Hikmah Pikatan Wonodadi Blitar dan seberapa signifikan keadaan hubungan tersebut. Skripsi ini bermanfaat bagi Kepala Madrasah MI Darul Hikmah Pikatan Wonodadi Blitar, sebagai informasi bagi kepala sekolah mengenai pentingnya kerjasama yang baik antara guru dan orang tua dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Bagi para guru MI Darul Hikmah Pikatan Wonodadi Blitar sebagai dasar pemahaman tentang pentingnya perhatian orang tua terhadap siswa dalam kegiatan belajar. Bagi siswa MI Darul Hikmah Pikatan Wonodadi Blitar untuk mengetahui pentingnya perhatian orang tua terhadap prestasi belajar dalam menghadapi di era globalisasi ini. Bagi para pembaca/peneliti sebagai tambahan wawasan dan pengetahuan peneliti tentang pengaruh perhatian orang tua terhadap hasil belajar siswa. Dalam penelitian ini digunakan metode angket, observasi dan dokumentasi. Angket digunakan nuntuk memperoleh data tentang perhatian orang tua siswa MI Darul Hikmah Pikatan Wonodadi Blitar yang digunakan sebagai sampel penelitian. Sedangkan metode observasi digunakan untuk mengamati proses pembelajaran siswa dan dokumentasi digunakan untuk menggali data tentang populasi, sampel, sarana, dan prasarana pendidikan dan dokumen madrasah. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan uji analisis regresi, dapat diketahui: 1) Ada pengaruh positif signifikan tinggi perhatian orang tua berupa mengatur waktu belajar terhadap prestasi belajar dengan nilai sig sebesar 0,000 < 0,05 dan besar pengaruh 65,9% . 2) ) Ada pengaruh positif signifikan perhatian orang tua berupa menciptakan suasana yang tenang dan tentram terhadap prestasi belajar dengan nilai sig sebesar 0,000 < 0,05 dan besar pengaruh 36,5%. 3) Ada pengaruh positif signifikan perhatian orang tua berupa pemenuhan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar dengan nilai sig sebesar 0,000 < 0,05 dan besar pengaruh 59,7%. 4) Ada pengaruh positif signifikan perhatian orang tua terhadap prestasi belajar dengan nilai sig sebesar 0,000 < 0,05 dan besar pengaruh 74,3%. Sehingga dapat disimpulkan adanya pengaruh Positif yang signifikan perhatian orang tua dan terhadap prestasi belajar siswa MI Darul Hikmah Pikatan Wonodadi Blitar. Berdasarkan penelitian ini disarankan untuk dapat meningkatkan meningkatkan perhatian orang tua demi keberhasilan prestasi belajar anaknya yang bersekolah di MI Darul Hikmah Pikatan Wonodadi Blitar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205153106 ILVA IZANATUN NAJAH
Date Deposited: 02 Jul 2019 06:32
Last Modified: 02 Jul 2019 06:32
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11746

Actions (login required)

View Item View Item