PENGARUH PERSEPSI SISWA DALAM PENERAPAN SISTEM PEMBELAJARAN FULL DAY SCHOOL TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR DI SD ISLAM LUKMANUL HAKIM KADEMANGAN BLITAR

ZUMLATUL HABIBAH, 17205153357 (2019) PENGARUH PERSEPSI SISWA DALAM PENERAPAN SISTEM PEMBELAJARAN FULL DAY SCHOOL TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR DI SD ISLAM LUKMANUL HAKIM KADEMANGAN BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (795kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (430kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (599kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (384kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (478kB)
[img]
Preview
Text
BAB V .pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (306kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (102kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Persepsi Siswa dalam Penerapan Sistem Pembelajaran Full Day School Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa di SD Islam Lukmanul Hakim Kademangan Blitar” ini ditulis oleh Zumlatul Habibah, NIM 17205153357, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, IAIN Tulungagung. Kata kunci: Persepsi Siswa dalam Penerapan Sistem Pembelajaran Full Day School, Motivasi belajar, Hasil Belajar. Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh dalam penerapan sistem pembelajaran full day school di SD Islam Lukmanul Hakim terdapat siswa yang memiliki persepsi yang negatif mereka beranggapan bahwa dengan diterapkannya sistem full day school proses pembelajaran yang dimulai pukul 06.30-14.30 WIB terasa melelahkan dan membosankan sehingga konsentrasi menurun saat proses pembelajaran hal ini mengakibatkan siswa tidak mampu memahami materi pelajaran dengan baik, hal ini terlihat ketika dalam proses pembelajaran siswa cenderung bermain sendiri, mengobrol dengan teman, dan juga tidur saat melakukan proses pembelajaran dan hal ini mengakibatkan hasil belajar mereka menurun. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Adakah pengaruh persepsi siswa dalam penerapan sistem pembelajaran Full Day School terhadap motivasi belajar di SD Islam Lukmanul Hakim Kademangan Blitar ? (2) Adakah pengaruh persepsi siswa dalam penerapan sistem pembelajaran Full Day School terhadap hasil belajar di SD Islam Lukmanul Hakim Kademangan Blitar ? (3) Adakah pengaruh signifikan persepsi siswa dalam penerapan sistem pembelajaran Full Day School terhadap motivasi dan hasil belajar di SD Islam Lukmanul Hakim Kademangan Blitar ?. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa dalam penerapan sistem pembelajaran Full Day School terhadap motivasi belajar siswa di SD Islam Lukmanul Hakim Kademangan Blitar (2) Untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa dalam penerapan sistem pembelajaran Full Day School terhadap hasil belajar siswa di SD Islam Lukmanul Hakim Kademangan Blitar (3) Untuk mengetahui pengaruh signifikan persepsi siswa dalam penerapan sistem pembelajaran Full Day School terhadap motivasi dan hasil belajar siswa di SD Islam Lukmanul Hakim Kademangan Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas V A-B SD Islam Lukmanul Hakim Kademangan Blitar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji regresi linear sederhana dan uji Manova. Pada analisis data menggunakan Uji Regresi Linear Sederhana bahwa nilai , untuk motivasi belajar diperoleh nilai Sig. 0.000, (0.000 < 0.05). Sehingga ii terdapat pengaruh persepsi siswa dalam penerapan sistem Pembelajaran Full Day School terhadap motivasi belajar siswa. Berdasarkan perhitungan uji regresi linear sederhana, diketahui bahwa nilai Hasil Belajar sebesar diperoleh nilai Sig. 0.002, (0.002 < 0.05). Sehingga terdapat pengaruh persepsi siswa dalam penerpaan sistem Pembelajaran Full Day School berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. berdasarkan hasil uji Manova untuk motivasi dan hasil belajar diperoleh nilai Sig. sebesar 0.002 (0.002 < 0.05). Sehingga terdapat pengaruh persepsi siswa dalam penerapan sistem pembelajaran Full Day School terhadap motivasi dan hasil belajar di SD Islam Lukmanul Hakim Kademangan Blitar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205153357 ZUMLATUL HABIBAH
Date Deposited: 02 Jul 2019 02:59
Last Modified: 02 Jul 2019 02:59
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11848

Actions (login required)

View Item View Item