Penerapan Metode Ceramah dengan Penggunaan Media Paired Cards untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran SKI Kelas V MI Roudlotul Ulum, Jabalsari, Sumbergempol, Tulungagung Tahun Pelajaran 2011/2012

MASYHURI, ARDIANSAH (2012) Penerapan Metode Ceramah dengan Penggunaan Media Paired Cards untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran SKI Kelas V MI Roudlotul Ulum, Jabalsari, Sumbergempol, Tulungagung Tahun Pelajaran 2011/2012. [ Skripsi ]

[img] Text
BAB I ptk.rtf

Download (115kB)
[img] Text
BAB II ptk.rtf

Download (262kB)
[img] Text
BAB III ptk baru.docx

Download (67kB)
[img] Text
BAB IV ptk.docx

Download (47kB)
[img] Text
BAB V ptk.docx

Download (23kB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (20kB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (20kB)
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Kata kunci : Metode ceramah, Media Paired Cards, Hasil Belajar Siswa. Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh kondisi pembelajaran SKI disekolah, dimana siswa kurang menguasai dan memahami mata pelajaran SKI. Sedangkan guru lebih banyak ceramah tanpa menggunakan media yang bervariasi. Dalam hal ini peneliti berusaha mengatasi permasalahan tersebut dengan menggunakanmedia paired cards. Yang menjadi rumusan penelitian dalam skripsi ini adalah: Apakah penggunaan media paired cards dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran SKI di MI Roudlotul Ulum, Jabalsari, Sumbergempol, Tulungagung tahun pelajaran 2011/2012? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah: Untuk mengetahui apakah penggunaan metode ceramah dengan media paired cards dalam pembelajaran SKI dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V MI Roudlotul Ulum Jabalsari, Sumbergempol, Tulungagung. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), yaitu penelitiannyang dilakukan oleh guru dikelas atau sekolah tempat ia mengajar dengan menekankan pada peningkatan proses dan hasil belajar. Dalam penelitian ini digunakan metode penelitian melalui metode observasi, wawancara, test dan catatan lapangan. Dimana observasi digunakan untuk memeperoleh data berupa lokasi penelitian, kegiatan guru, dan siswa alam proses pembelajaran, dan berbagai hal yang berkaitan dengan penelitian, wawancara digunakan untuk memeperoleh data berupa respon siswa twerhadap pembelajaran SKI dengan menggunakan media paired cards serta informasi-informasi yang dibutuhkan, test digunakan untuk mengetahui tingkt pemahaman siswa setelah mengalami proses belajar mengajar melalui penggunaan tingkat pemahaman siswa setelah mengalami proses belajar mengajar melalui penggumaan media paired cards dan untuk memperoleh data hasil belajar siswa kelas V MI Roudlotul Ulum Jabalsari, Sumbergempol, Tulungangung dalam pembelajaran SKI, sedangkan catatan lapangan digunakan untuk mengamati proses pembelajaran dan mencatat hal-hal yang penting seputar penelitian yang tidak terdapat dalam pedoman observasi. Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan pemberian pemberian tugas. Dimana dalam siswa diberi tugas oleh guru untuk dikerjakan. Sedangkan guru menungawasi pekerjaan siswa dengan keliling di sekitarnya. Hal ini akan mengurangi kecurangan dalam pengerjaan soal ulangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media paired cards dalam pembelajaran SKI mendapat tanggapan positif dari siswa karena dapat meningkatkan pemahaman siswa serta dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dengan prestasi belajar siswa pada tes awal nilai rata-rata yang diperoleh siswa adalah 58,00 (sebelum tindakan) menjadi 63,5 (siklus I), dan 90,00 (siklus II). Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media paired cards dalam pembelajaran SKI bisa meningkatkan prestasi belajar siswa kelas V MI Roudlotul Ulum, Jabalsari, Sumbergempol, Tulungagung tahun pelajaran 2011/2012

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 10 Feb 2015 07:17
Last Modified: 10 Feb 2015 07:17
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/1185

Actions (login required)

View Item View Item