PENGARUH GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI MI, SD DAN SDI se-KABUPATEN KEDIRI

FITRIAN NINDIA SARI, 17205153344 (2019) PENGARUH GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI MI, SD DAN SDI se-KABUPATEN KEDIRI. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (619kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (311kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (442kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (308kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (448kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (646kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (258kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (189kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (207kB)

Abstract

ABSTRAK Fitrian Nindia Sari, 17205153344, Pengaruh Gaya Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata pelajaran Matematika di MI, SD dan SDI seKabupaten Kediri. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan , IAIN Tulungagung, Pembimbing Zun Azizul Hakim , M.Psi Kata Kunci : Gaya Belajar Visual, Auditorial, Kinestetik dan Hasil Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keadaan siswa yang hasil belajar matematikanya kurang memuaskan disebabkan sikap siswa itu sendiri terhadap pelajaran matematika dan kurang maksimalnya proses pembelajaran dalam mengombinasikan gaya belajar sehingga mempengaruhi ketertarika siswa dalam proses pembelajaran. Sehingga peneliti melakukan penelitian dengan mengaitkan gaya belajar terhadap hasil belajar siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Apakah ada pengaruh gaya belajar visual terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di MI, SD dan SDI se-Kabupaten Kediri? (2) Apakah ada pengaruh gaya belajar auditorial terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di MI, SD dan SDI seKabupaten Kediri? (3) Apakah ada pengaruh gaya belajar Kinestetik terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di MI, SD dan SDI se-Kabupaten Kediri? (4) Apakah ada pengaruh gaya belajar visual, auditorial,kinestetik terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di MI, SD dan SDI seKabupaten Kediri? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui ada pengaruh gaya belajar visual terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di MI, SD dan SDI se-Kabupaten Kediri. (2) Untuk mengetahui ada pengaruh gaya belajar auditorial terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di MI, SD dan SDI se-Kabupaten Kediri. (3) Untuk mengetahui ada pengaruh gaya belajar kinestetik terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di MI, SD dan SDI se-Kabupaten Kediri. (4) Untuk mengetahui ada pengaruh gaya belajar visual, auditorial, kinestetik terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di MI, SD dan SDI se-Kabupaten Kediri. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi, sampling yang digunakan adalah simple random sampling. Populasi penelitian adalah kelas V MI,SD dan SDI se-kabupaten Kediri. Teknik pengumpulan data menggunakan metod angket dan dokumentasi. Teknik analisa data menggunakan uji Regresi Linier Berganda, Uji T. dan Uji F. Yang sebelumnya telah melakukan uji prasyarat yaitu uji validasi instrumen, uji Reliabilitas , uji normalitas, uji liniaritas dan untuk uji asumsi klasik yaitu Uji Multikoloniaritas dan Uji Heterokedastisitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Hasil uji regresi linear berganda dan uji t. Menunjukkan terdapat pengaruh positif yang signifikan antara gaya belajar visual terhadap hasil belajar matematika dengan nilai Sig t. 0,007. (2) Hasil uji regresi linear berganda dan uji t. Menunjukkan terdapat pengaruh positif yang signifikan antara gaya belajar auditorial terhadap hasil belajar matematika dengan nilai Sig t. 0,021. (3) Hasil uji regresi linear berganda dan uji t. Menunjukkan terdapat pengaruh positif yang signifikan antara gaya belajar kinestetik terhadap hasil belajar matematika dengan nilai Sig t. 0,049. (4) Hasil uji regresi linear berganda dan uji f. Menunjukkan terdapat pengaruh positif yang signifikan antara gaya belajar visual, auditorial, kinestetik terhadap hasil belajar matematika dengan nilai Sig f. 0,000.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205153344 FITRIAN NINDIA SARI
Date Deposited: 02 Jul 2019 02:54
Last Modified: 02 Jul 2019 02:54
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11850

Actions (login required)

View Item View Item