ANALISIS RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BIOLOGI KELAS X DAN XI SMA/MA BUATAN MAHASISWA TADRIS BIOLOGI ANGKATAN 2015 IAIN TULUNGAGUNG BERDASARKAN KESESUAIAN DAN KELENGKAPAN ISI SESUAI DENGAN STANDAR PROSES KURIKULUM 2013

DIAH SUSANTI, 17208153028 (2019) ANALISIS RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BIOLOGI KELAS X DAN XI SMA/MA BUATAN MAHASISWA TADRIS BIOLOGI ANGKATAN 2015 IAIN TULUNGAGUNG BERDASARKAN KESESUAIAN DAN KELENGKAPAN ISI SESUAI DENGAN STANDAR PROSES KURIKULUM 2013. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER .pdf

Download (715kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (336kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (372kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (544kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (290kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV .pdf

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (154kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Analisis Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Biologi kelas X dan XI SMA/MA Buatan Mahasiswa Tadris Biologi Angkatan 2015 IAIN Tulungagung Berdasarkan Kesesuaian Dan Kelengkapan Isi Sesuai Dengan Standar Proses Kurikulum 2013” ini ditulis oleh Diah Susanti, NIM. 17208153028, pembimbing Dr. Hj. Anin Nurhayati, M.Pd.I. Kata Kunci : Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Kesesuaian, Kelengkapan, Standar Proses Kurikulum 2013. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya perencanaan untuk mencapai suatu tujuan. Dari persoalan pentingnya RPP dalam kegiatan proses belajar mengajar didalam kelas, setiap guru maupun calon pendidik harus membuat perencanaan pembelajaran terlebih dahulu sebelum memasuki kelas yang akan berdampak langsung bagi kegiatan pembelajaran. Semakin baik perencanaan yang dibuat maka akan semakin baik pula proses pelaksanaan pembelajaran. Jika dalam penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) tidak memperhatikan langkah-langkah penyusunan yang sudah ditetapkan maka pelaksanaan pembelajaran kurang efektif dan efisien yang berakibat pada hasil belajar yang kurang memuaskan. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana proses penyusunan RPP kelas X dan XI Biologi SMA/MA Kurikulum 2013 Buatan Mahasiswa Tadris Biologi Angkatan 2015 IAIN Tulungagung. (2) Apakah identifikasi mata pelajaran, rumusan indikator pembelajaran, rumusan tujuan pembelajaran, materi ajar, metode pembelajaran, sumber/ media pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran, dan teknik penilaian pada RPP kelas X dan XI biologi SMA/MA kurikulum 2013 yang disusun Mahasiswa Tadris Biologi Angkatan 2015 IAIN Tulungagung sudah sesuai dan lengkap dengan standar proses. (3) Apakah RPP kelas X dan XI SMA/MA yang Dibuat Mahasiswa Tadris Biologi Angkatan 2015 IAIN Tulungagung sudah sesuai dan lengkap dengan standar proses kurikulum 2013. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui proses penyusunan RPP Biologi SMA/MA Kurikulum 2013 Buatan Mahasiswa Tadris Biologi Angkatan 2015 IAIN Tulungagung. (2) Kesesuaian dan kelengkapan identifikasi mata pelajaran, rumusan indikator pembelajaran, rumusan tujuan pembelajaran, materi ajar, metode pembelajaran, sumber/ media pembelajaran, langkah langkah pembelajaran, dan teknik penilaian pada RPP biologi SMA/MA kurikulum 2013 yang disusun Mahasiswa Tadris Biologi Angkatan 2015 IAIN Tulungagung dengan standar proses. (3) Kesesuaian dan kelengkapan RPP SMA/MA yang dibuat Mahasiswa Tadris Biologi Angkatan 2015 IAIN Tulungagung sudah sesuai dan lengkap dengan standar proses kurikulum 2013. Skripsi ini bermanfaat bagi calon guru untuk memberikan pengetahuan kepada calon guru dalam pembuatan RPP kurikulum 2013 sebagai acuan kegiatanpembelajaran, membantu calon guru dalam membuat kegiatan belajar yang sesuai dengan kompetensi dasar yang harus dicapai, memberikan masukan kepada calon guru dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang sesuai dengan kriteria kurikulum 2013. Bagi mahasiswa untuk membantu mahasiswa dalam membuat rencana pelaksanaan pembelajaran yang sesuai dengan standar proses. Penelitian ini menggunakkan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dokumentasi. Penelitian ini diperlukan angket dan dokumen RPP. Angket digunakkan untuk mengetahui proses penyusunan RPP. Sedangkan dokumen RPP digunakkan untuk mengetahui kesesuaian dan kelengkapan komponen RPP dengan standar proses kurikulum 2013. Penelitian ini mengambil 10 RPP, 5 RPP dari kelas X dan 5 RPP dari kelas XI. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) Proses penyusunan RPP biologi kelas X dan XI SMA/MA yang dibuat oleh mahasiswa tadris biologi angkatan 2015 IAIN Tulungagung, dari 5 RPP kelas X dan 5 RPP kelas XI semuanya telah melakukan langkah-langkah proses penyusunan RPP dengan standar proses. (2) Keseluruhan komponen RPP biologi yang dibuat mahasiswa tadris biologi angkatan 2015 IAIN Tulungagung, 5 dari kelas X dan 5 dari XI SMA/MA sudah sesuai dengan permendikbud nomer 22 tentang standar proses pendidikan dan menengah tahun 2016. (3) Keseluruhan RPP biologi yang dibuat mahasiswa tadris biologi angkatan 2015 IAIN Tulungagung, kelas X dan XI SMA/MA sudah sesuai dengan kategori baik dan lengkap dengan permendikbud nomer 22 tentang standar proses pendidikan dan menengah tahun 2016.

Item Type: Skripsi
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: 17208153028 DIAH SUSANTI
Date Deposited: 11 Jul 2019 04:30
Last Modified: 11 Jul 2019 04:30
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12046

Actions (login required)

View Item View Item