VIDIA NUR DIANA, 17201153337 (2019) PENGARUH METODE MNEMONIK KATA KUNCI TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR HAFALAN AL QUR’AN SISWA DI SMK ISLAM 1 DURENAN TRENGGALEK. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (552kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (175kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (333kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (433kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (279kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Download (318kB) |
||
Text
BAB V.pdf Download (180kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Download (132kB) |
||
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (285kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Metode Mnemonik Kata Kunci Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Hafalan Al-Qur’an Siswa Di SMK Islam 1 Durenan Trenggalek” ini ditulis oleh Vidia Nur Diana, NIM. 1720115333, Pembimbing Dr. Sokip, M.Pd.I. Kata Kunci : Metode Mnemonik, Minat Belajar, Hasil Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi karena menghafal al-Qur’an sering dianggap sulit. Sulit karena al-Qur’an itu sendiri terdiri dari banyak surat dan ayat serta metode yang diajarkan cenderung monoton dan membosankan. Akibatnya siswa kesulitan untuk menghafal dan pengajaran yang disampaikan tidak dapat diingat kembali dengan baik sehingga dapat mempengaruhi pencapaian hafalan sekaligus hasil belajar yang kurang optimal. Dalam hal ini peneliti menghubungkan metode mnemonik kata kunci terhadap minat dan hasil belajar hafalan al-Qur’an siswa di SMK Islam 1 Durenan Trenggalek. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Adakah pengaruh metode mnemonik kata kunci terhadap minat belajar hafalan al-Qur’an siswa di SMK Islam 1 Durenan Trenggalek? (2) Adakah pengaruh metode mnemonik kata kunci terhadap hasil belajar hafalan al-Qur’an siswa di SMK Islam 1 Durenan Trenggalek (3) Adakah pengaruh metode mnemonik kata kunci terhadap minat dan hasil belajar hafalan al-Qur’an siswa di SMK Islam 1 Durenan Trenggalek? Untuk mencapai tujuan diatas digunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksprimen semu. Pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, tes, dan dokumentasi. Serta analisis data yang digunakan adalah Uji T dan Manova dengan menggunakan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh yang signifikan antara metode mnemonik kata kunci terhadap minat belajar hafalan al-Qur’an siswa SMK Islam 1 Durenan Trenggalek. Dengan menggunakan rumus Uji-T diperoleh nilai signifikansi 0,003 pada taraf signifikan 0,05 (5%). Hal ini menunjukkan bahwa nilai signifikansi 0,003 < 0,05 (2) Ada pengaruh yang signifikan antara metode mnemonik kata kunci terhadap hasil belajar hafalan al Qur’an siswa SMK Islam 1 Durenan Trenggalek. Dengan menggunakan rumus Uji-T diperoleh nilai signifikansi 0,000 pada taraf signifikan 0,05 (5%). Hal ini menunjukkan bahwa nilai signifikansi 0,000 < 0,05 (3) Ada pengaruh yang signifikan antara metode mnemonik kata kunci terhadap minat dan hasil belajar hafalan al-Qur’an siswa SMK Islam 1 Durenan Trenggalek. Dengan menggunakan rumus Uji Manova diperoleh nilai signifikansi 0,012 pada taraf signifikan 0,05 (5%). Hal ini menunjukkan bahwa nilai signifikansi 0,012 < 0,05.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 17201153337 VIDIA NUR DIANA |
Date Deposited: | 24 Jul 2019 08:27 |
Last Modified: | 24 Jul 2019 08:27 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12080 |
Actions (login required)
View Item |