PENGARUH METODE MNEMONIK KATA KUNCI TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR HAFALAN AL QUR’AN SISWA DI SMK ISLAM 1 DURENAN TRENGGALEK

VIDIA NUR DIANA, 17201153337 (2019) PENGARUH METODE MNEMONIK KATA KUNCI TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR HAFALAN AL QUR’AN SISWA DI SMK ISLAM 1 DURENAN TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (552kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (333kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (433kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (279kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (318kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (180kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (132kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (285kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Metode Mnemonik Kata Kunci Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Hafalan Al-Qur’an Siswa Di SMK Islam 1 Durenan Trenggalek” ini ditulis oleh Vidia Nur Diana, NIM. 1720115333, Pembimbing Dr. Sokip, M.Pd.I. Kata Kunci : Metode Mnemonik, Minat Belajar, Hasil Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi karena menghafal al-Qur’an sering dianggap sulit. Sulit karena al-Qur’an itu sendiri terdiri dari banyak surat dan ayat serta metode yang diajarkan cenderung monoton dan membosankan. Akibatnya siswa kesulitan untuk menghafal dan pengajaran yang disampaikan tidak dapat diingat kembali dengan baik sehingga dapat mempengaruhi pencapaian hafalan sekaligus hasil belajar yang kurang optimal. Dalam hal ini peneliti menghubungkan metode mnemonik kata kunci terhadap minat dan hasil belajar hafalan al-Qur’an siswa di SMK Islam 1 Durenan Trenggalek. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Adakah pengaruh metode mnemonik kata kunci terhadap minat belajar hafalan al-Qur’an siswa di SMK Islam 1 Durenan Trenggalek? (2) Adakah pengaruh metode mnemonik kata kunci terhadap hasil belajar hafalan al-Qur’an siswa di SMK Islam 1 Durenan Trenggalek (3) Adakah pengaruh metode mnemonik kata kunci terhadap minat dan hasil belajar hafalan al-Qur’an siswa di SMK Islam 1 Durenan Trenggalek? Untuk mencapai tujuan diatas digunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksprimen semu. Pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, tes, dan dokumentasi. Serta analisis data yang digunakan adalah Uji T dan Manova dengan menggunakan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh yang signifikan antara metode mnemonik kata kunci terhadap minat belajar hafalan al-Qur’an siswa SMK Islam 1 Durenan Trenggalek. Dengan menggunakan rumus Uji-T diperoleh nilai signifikansi 0,003 pada taraf signifikan 0,05 (5%). Hal ini menunjukkan bahwa nilai signifikansi 0,003 < 0,05 (2) Ada pengaruh yang signifikan antara metode mnemonik kata kunci terhadap hasil belajar hafalan al Qur’an siswa SMK Islam 1 Durenan Trenggalek. Dengan menggunakan rumus Uji-T diperoleh nilai signifikansi 0,000 pada taraf signifikan 0,05 (5%). Hal ini menunjukkan bahwa nilai signifikansi 0,000 < 0,05 (3) Ada pengaruh yang signifikan antara metode mnemonik kata kunci terhadap minat dan hasil belajar hafalan al-Qur’an siswa SMK Islam 1 Durenan Trenggalek. Dengan menggunakan rumus Uji Manova diperoleh nilai signifikansi 0,012 pada taraf signifikan 0,05 (5%). Hal ini menunjukkan bahwa nilai signifikansi 0,012 < 0,05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201153337 VIDIA NUR DIANA
Date Deposited: 24 Jul 2019 08:27
Last Modified: 24 Jul 2019 08:27
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12080

Actions (login required)

View Item View Item