ROBIN FULKATIM, 17201153299 (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR DAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQH KELAS VII DI MTs AL MA’ARIF TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2018/2019. [ Skripsi ]
|
Text
Cover.pdf Download (343kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (607kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar isi.pdf Download (270kB) | Preview |
|
|
Text
Bab I.pdf Download (589kB) | Preview |
|
|
Text
Bab II.pdf Download (567kB) | Preview |
|
|
Text
Bab III.pdf Download (591kB) | Preview |
|
|
Text
Bab IV.pdf Download (879kB) | Preview |
|
Text
Bab V.pdf Download (368kB) |
||
Text
Bab VI.pdf Download (327kB) |
||
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (375kB) |
Abstract
ABSTRAK: Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar dan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqh di Kelas VII MTs Al Ma’arif Tulungagung Tahun Ajaran 2018/2019” ini ditulis oleh Robin Fulkatim, NIM. 17201153299, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Agama Islam, IAIN Tulungagung, yang dibimbing oleh Drs. Nurul Hidayat, M.Ag.Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, Hasil Belajar dan Minat Belajar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena bahwa pada era pendidikan saat ini, siswa kurang aktif dalam pembelajaran dan siswa terkadang bermain dengan teman ketika guru menjelaskan materi. Dalam pembelajaran hendaknya guru mampu memberikan suasana yang menyenangkan agar siswa dapat tumbuh dan meningkatkan hasil belajar siswa. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Apakah ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqh kelas VII di MTs Al Ma’arif Tulungagung? (2) Apakah ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran fiqh kelas VII di MTs Al Ma’arif Tulungagung? (3) Apakah ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar dan minat belajar siswa pada mata pelajaran fiqh kelas VII di MTs Al Ma’arif Tulungagung?. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqh kelas VII di MTs Al Ma’arif Tulungagung. (2) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran fiqh kelas VII di MTs Al Ma’arif Tulungagung. (3) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar dan minat belajar siswa pada mata pelajaran fiqh kelas VII di MTs Al Ma’arif Tulungagung.Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes, observasi, kuesioner (angket), dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini ialah seluruh siswa kelas VII MTs Al Ma’arif Tulungagung sejumlah 131 siswa, kemudian diambil sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik non probability sampling dengan tipe purposive sampling sehingga diperoleh sampel sebanyak 67 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada pengaruh yang positif dan signifikikan antara model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqh kelas VII di MTs Al Ma’arif Tulungagung. Hal ini berdasarkan uji t-test diperoleh nilai signifikansi 0,000. Karena signifikansi <0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima. (2) ada pengaruh yang positif dan signifikikan antara model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan minat belajar siswa pada mata pelajaran fiqh kelas VII di MTs Al Ma’arif Tulungagung. Hal ini berdasarkan uji t-test diperoleh nilai signifikansi 0,001. Karena signifikansi <0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima. (3) ada pengaruh yang positif dan signifikikan antara model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan hasil belajar dan minat belajar siswa pada mata pelajaran fiqh kelas VII di MTs Al Ma’arif Tulungagung. Hal ini berdasarkan uji Multivariate Test dengan perhitungan Roy’s Largest Root diperoleh nilai signifikansi 0,000. Karena signifikansi <0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 17201153299 ROBIN FULKATIM |
Date Deposited: | 01 Aug 2019 03:34 |
Last Modified: | 01 Aug 2019 03:34 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12283 |
Actions (login required)
View Item |