PENGARUH METODE MIND MAPPING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR AL-QUR’AN HADITS SISWA KELAS III DI MI SENDEN KAMPAK TRENGGALEK TAHUN AJARAN 2018/2019

FETY ZAKIYAH ULFA, 17205153156 (2019) PENGARUH METODE MIND MAPPING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR AL-QUR’AN HADITS SISWA KELAS III DI MI SENDEN KAMPAK TRENGGALEK TAHUN AJARAN 2018/2019. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (603kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (178kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (268kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf

Download (394kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (385kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (582kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (94kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Metode Mind Mapping Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Al-Qur’an Hadits Siswa Kelas III di MI Senden Kampak Trenggalek Tahun Ajaan 2018/2019” ini ditulis oleh Fety Zakiyah Ulfa, NIM 17205153156, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, IAIN Tulungagung, yang dibimbing oleh Bapak Dr. Agus Zaenul Fitri, M.Pd. Kata Kunci : Metode Mind Mapping, Motivasi, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena pada era pendidikan sekarang bahwa variasi penggunaan metode pembelajaran sangat kurang, pembelajaran berlangsung dengan monoton hanya menggunakan metode konvensional. Hal ini berdampak pada rendahnya tingkat keaktifan peserta didik dalam suatu pembelajaran. Maka guru diharapkan mampu mengembangkan ketrampilan penggunaan metode pembelajaran yang lebih menarik dan sesuai dengan materi sehingga motivasi belajar peserta didik dapat tumbuh dan mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah : 1) Adakah pengaruh metode Mind Mapping terhadap motivasi belajar Al-Qur’an Hadits siswa kelas III di MI Senden Kampak Trenggalek? 2) Adakah pengaruh metode Mind Mapping terhadap hasil belajar Al-Qur’an Hadits siswa kelas III di MI Senden Kampak Trenggalek? 3) Adakah pengaruh metode Mind Mapping terhadap motivasi dan hasil belajar Al-Qur’an Hadits siswa kelas III di MI Senden Kampak Trenggalek? Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah : 1) Untuk mengemukakan pengaruh metode Mind Mapping terhadap motivasi belajar Al Qur’an Hadits siswa kelas III di Mi Senden Kampak Trenggalek. 2) Untuk mengemukakan pengaruh metode Mind Mapping terhadap hasil belajar Al-Qur’an Hadits siswa kelas III di MI Senden Kampak Trenggalek. 3) Untuk mengemukakan pengaruh metode Mind Mapping terhadap motivasi dan hasil belajar Al-Qur’an Hadits siswa kelas III di MI Senden Kampak Trenggalek. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dan jenis penelitiannya quasi experiment (eksperimen semu). Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket dan tes. Angket digunakan untuk memperoleh data tentang motivasi belajar sedangkan tes untuk memperoleh data tentang hasil belajar siswa di MI Senden Kampak Trenggalek dan kelas III sebagai sampelnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara metode Mind Mapping dengan motivasi belajar siswa di MI Senden Kampak Trenggalek. Hal ini berdasarkan perhitungan uji t untuk motivasi belajar Akidah Akhlak diperoleh Sig.(2-tailed) sebesar 0,001. Karena signifikansi < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara metode Mind Mapping dengan motivasi belajar Al-Qur’an Hadits. 2) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara metode Mind Mapping dengan hasil belajar siswa di MI Senden Kampak Trenggalek. Hal ini berdasarkan perhitungan uji t untuk hasil belajar Al-Qur’an Hadits diperoleh Sig.(2-tailed)sebesar 0,000. Karena signifikansi < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara metode Mind Mapping dengan hasil belajar Al-Qur’an Hadits. 3) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara metode Mind Mapping dengan motivasi belajar dan hasil belajar siswa di MI Senden Kampak Trenggalek. Hal ini berdasarkan perhitungan uji manova untuk motivasi belajar dan hasil belajar Al-Qur’an Hadits diperoleh Sig.(2-tailed) sebesar 0,000. Karena signifikansi < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara metode Mind Mapping dengan motivasi belajar dan hasil belajar Al-Qur’an Hadits.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205153156 FETY ZAKIYAH ULFA
Date Deposited: 23 Jul 2019 07:07
Last Modified: 23 Jul 2019 07:07
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12303

Actions (login required)

View Item View Item