Penggunaan Media Visual Gambar Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Siswa Kelas II SDI Al-Azhaar Kedungwaru Tulungagung Tahun 2010/2011

Arista Ika, Widiyanti (2011) Penggunaan Media Visual Gambar Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Siswa Kelas II SDI Al-Azhaar Kedungwaru Tulungagung Tahun 2010/2011. [ Skripsi ]

[img] Text
BAB I SKRIPSI ARISTA.docx

Download (37kB)
[img] Text
BAB II SKRIPSI ARISTA.docx

Download (62kB)
[img] Text
BAB III SKRIPSI ARISTA.docx

Download (57kB)
[img] Text
BAB IV SKRIPSI ARISTA BARU.docx

Download (108kB)
[img] Text
BAB V SKRIPSI ARISTA BARU.docx

Download (20kB)
[img] Text
BAG.AWAL SKRIPSI ARISTA.docx

Download (139kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (18kB)
[img] Text
LAMPIRAN SKRIPSI ARISTA.docx

Download (1MB)
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Kata kunci : Penggunaan Media Visual Gambar, Meningkatkan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Bahasa Inggris, Siswa kelas II. Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena bahwa dalam proses belajar guru harus bisa menciptakan suasana kelas yang menyenangkan dalam pemberian materi. Terlihat bahwa jika siswa belum paham terhadap materi yang dipelajari maka akan berpengaruh pada nilai siswa tersebut. Untuk itu seorang guru sangat berpengaruh pada nilai siswa tersebut. Untuk itu seorang guru sangat berpengaruh dalam berjalannya proses belajar mengajar. Penggunaan media pembelajaran yang tepat dapat memudahkan guru dalam menyampaikan materi. Dalam hal ini peneliti menggunakan media visual gambar dalam meningkatkan prestasi belajar pada mata pelajaran bahasa inggris siswa kelas II SDI Al-Azhaar Kedungwaru Tulungagung. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah : “Bagaimana penggunaan media visual gambar dalam meningkatkan prestasi belajar pada mata pelajaran bahasa inggris siswa kelas II SDI Al-Azhaar Kedungwaru Tulungagung Tahun 2010/2011?.” Adapun yang menjadi tujuan penelitian dalam hal ini adalah : “Untuk mengetahui penggunaan media visual gambar dalam meningkatkan prestasi belajar pada mata pelajaran bahasa inggris siswa kelas II SDI Al-Azhaar Kedungwaru Tulungagung Tahun 2010/2011.” Skripsi ini bermanfaat bagi penulis untuk menambah wawasan pola pikir, sikap dan pengalaman sebagai upaya peningkatan kualitas profesi sebagai pengajar dalam menggunakan media pembelajaran. Bagi sekolah SDI Al Azhaar Kedungwaru Tulungagung sebagai sumbangan pemikiran dalam rangka pembinaan dan peningkatna mutu pengajaran, baik bagi para guru maupun lembaga pendidikan. Bagi para pembaca sebagai bahan masukan atau referensi yang cukup berarti. Dalam penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Adapun metode yang digunakan dokumentasi,wawancara, observasi dan tes. Tes digunakan untuk mengetahui seberapa jauh pemahaman siswa terhadap materi dalam mata pelajaran bahasa inggris dengan menggunakan media visual gambar setelah proses pembelajaran berlangsung, sedangkan dokumentasi,observasi, dan wawancara digunakan untuk menggali data tentang siswa, guru, sarana dan prasarana pendidikan dan dokumen sekolah. Setelah peneliti mengadakan penelitian dengan menggunakan media visual gambar dalam mata pelajaran bahasa inggris akhirnya dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media visual gambar dalam pembelajaran bahasa inggris (siswa lebih mudah memahami materi, meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami materi, meningkatkan keaktifan dan perhatian siswa dalam belajar) dan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas II SDI AL-Azhaar Kedungwaru Tulungagung Tahun 2010/2011. Dengan penggunaan media visual gambar dalam mata pelajaran bahasa inggris, prestasi belajar siswa kelas II SDI AL-Azhaar Kedungwaru Tulungagung meningkat. Hal ini dapat dilihat dari proses belajar mengajar untuk hasil observasi pada siklus I pengamatan aktivitas peneliti 83,57%, aktivitas siswa 84,6%, masuk dalam kategori baik, pada siklus II pengamatan aktivitas peneliti 95%, aktivitas siswa 92,88% masuk dalam kategori baik.Begitu juga dengan hasil evaluasi untuk siklus I yaitu 69,17 untuk siklus II yaitu 92,92, dari hasil evaluasi tersebut dapat diketahui bahwa ada peningkatan yang signitifikan pada rata-rata hasil belajar siswadari siklus I ke siklus II yaitu sebesar 23,75. Dari data tersebut terlihat bahwa penggunaan media gambar dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas II dalam mata pelajaran bahasa inggris SDI AL-Azhaar kedungwaru Tulungagung Tahun 2010/2011.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 11 Feb 2015 03:47
Last Modified: 11 Feb 2015 03:47
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/1241

Actions (login required)

View Item View Item