PENGARUH MINAT BACA DAN PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII MTS NEGERI 1 BLITAR

ZAHROTUS SILVIA APRILLIANA, 17209153014 (2019) PENGARUH MINAT BACA DAN PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII MTS NEGERI 1 BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (554kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (499kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (304kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (445kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (738kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (470kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (398kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (310kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (365kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTRA RUJUKAN.pdf

Download (296kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penggaruh Minat Baca dan Pemanfaatan Perpustakaan Terhadap Prestasi Belajar Peserta didik Mata Pelajaran IPS Kelas VIII MTs Negeri 1 Blitar” ini ditulis oleh Zahrotus Silvia Aprilliana, NIM. 17209153014, Pembimbing Drs.H. Jani, MM, M.Pd Kata Kunci : Minat Baca, Pemanfaatan Perpustakaan, Prestasi Belajar Minat adalah suatu rasa lebih suka dan rasa ketertarikan terhadap suatu hal atau aktivitas, tanpa ada yang menyuruh atau sebuah paksaan. Minat baca merupakan ketertarikan atau kegemaran terhadap bacaan kerena adanya pemikiran bahwa dengan membaca dapat menambah wawasan dan ilmu yang dapat diperoleh banyak manfaat bagi peserta didik, sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik. Sedangkan pemanfaatan perpustakaan sekolah sebagai sumber kumpulan informasi cetak berupa buku bacaan maupun buku pelajaran bagi peserta didik sehingga dapat menunjang proses pengembangan kemampuan akademik peserta didik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Apakah ada penggaruh minat baca terhadap prestasi belajar peserta didik kelas VIII-3 MTsN 1 Blitar Tahun pelajaran 2018/2019 ?. 2) Apakah ada penggaruh pemanfaatan perpustakaan terhadap prestasi belajar peserta didik kelas VIII-3 MTsN Blitar Tahun Pelajaran 2018/2019 ?. 3) Apakah ada penggaruh minat baca dan pemanfaatan perpustakaan terhadap prestasi belajar peserta didik kelas VIII-3 MTsN 1 Blitar Tahun Pelajaran 2018/2019 ? Tujuan dalam penelitian ini adalah: 1) Untuk menjelaskan penggaruh minat baca terhadap prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS kelas VIII-3 MTs Negeri 1 Blitar Tahun Pelajaran 2018/2019 2) untuk menjelaskan penggaruh pemanfaatan perpustakaan terhadap prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS kelas VIII-3 MTs Negeri 1 Blitar Tahun Pelajaran 2018/2019 3) untuk menjelaskan penggaruh minat baca dan pemanfaatan perpustakaan terhadap prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS kelas VIII-3 MTs Negeri 1 Blitar Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII. Dan Sampelnya sebanyak 38 peserta didik. Teknik penggambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling. Untuk teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner ( angket) dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan analisis data dapat disimpulkan bahwa: 1) ada penggaruh yang signifikan antara minat baca dan prestasi belajar pesertadidik pada mata pelajaran IPS kelas VIII-3 MTs Negeri 1 Blitar Tahun Pelajaran 2018/2019. Hal ini dapat dilihat pada nilai T hitung = 2,982 > T tabel = 1,684 yaitu pada taraf signifikan 0,05 dan nilai sig. 0,03 < 0,05. 2) Tidak ada penggaruh yang signifikan antara pemanfaatan perpustakaan terhadap prestasi belajar peserta didik pada mata elajaran IPS kelas VIII-3 MTs Negeri 1 Blitar Tahun Pelajaran 2018/2019. Hal ini dapat dilihat pada nilai T hitung = -0,095 < T tabel = 1,684 yaitu pada taraf signifikan 0,05 dan nilai sig. 0,686 > 0,05. 3) Ada penggaruh bersama-sama yang signifikan antara minat baca dan pemanfaatan perpustakaan terhadap prestasi belajar mata pelajaran IPS kelas VIII-3 MTs Negeri 1 Blitar Tahun Pelajaran 2018/2019. Hal ini dapat diliahat pada nilai F hitung = 4,781 > F tabel = 3,22 yaitu taraf signifikan 0,05 dan nilai sig. 0,005 < 0,05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: 17209153014 ZAHROTUS SILVIA APRILLIANA
Date Deposited: 26 Jul 2019 02:57
Last Modified: 26 Jul 2019 02:57
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12473

Actions (login required)

View Item View Item