PENGARUH PEMANFAATAN BUKU-BUKU PERPUSTAKAAN SEKOLAH DAN MINAT BACA SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS 4 SD ISLAM AL MUNAWWAR TULUNGAGUNG

ULFA AZIZA, 17205153320 (2019) PENGARUH PEMANFAATAN BUKU-BUKU PERPUSTAKAAN SEKOLAH DAN MINAT BACA SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS 4 SD ISLAM AL MUNAWWAR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (189kB)
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (951kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (885kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (88kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan Judul “Pengaruh Pemanfaatan Buku-buku Perpustakaan Sekolah dan Minat Baca Siswa terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas 4 SD Islam Al Munawwar Tulungagung ” ditulis oleh Ulfa Aziza, NIM 17205153320, pembimbing Nany Soengkono Madayani, SS, M.Pd. Kata Kunci: Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah, Minat Baca, Prestasi Belajar Pemanfaatan buku-buku perpustakaan sekolah diharapkan dapat memberikan pelayanan informasi untuk menunjang proses belajar mengajar baik dalam pendalaman pengetahuan, penguasaan keterampilan, maupun penyerapan dan pengembangan nilai hidup siswa. Namun, pemanfaatan buku-buku perpustakaan sekolah belum optimal sehingga mempengaruhi prestasi belajar siswa. Sejalan dengan perkembangan zaman, teknologi yang berkembang pesat mempengaruhi minat baca siswa. Namun saat ini tidak banyak siswa memiliki minat baca yang tinggi apalagi berkunjung ke perpustakaan. Padahal melalui koleksi pustaka berupa buku mereka bisa mendapatkan banyak pengetahuan dan prestasi belajar juga dapat meningkat. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: 1) pengaruh pemanfaatan buku-buku perpustakaan sekolah terhadap prestasi belajar siswa, 2) pengaruh minat baca siswa terhadap prestasi belajar siswa, 3) pengaruh pemanfaatan buku-buku perpustakaan sekolah dan minat baca siswa terhadap prestasi belajar siswa. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SD Islam Al Munawwar Tulungagung sebanyak 327 siswa. Menggunakan teknik sampling proportionate stratified random sampling, diperoleh 2 kelas sebagai kelas sampel yaitu kelas 4B dan 4C dengan jumlah 41 siswa. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket, dokumentasi, serta observasi. Angket digunakan untuk memperoleh data tentang pemanfaatan perpustakaan dan minat baca siswa di SD Islam Al Munawwar Tulungagung yang digunakan sebagai sampel penelitian. Sedangkan data prestasi belajar siswa diambil dari nilai rapot semester ganjil. Berdasarkan uji hipotesis, diketahui hasil penelitian bahwa : (1) Uji pengaruh pemanfaatan buku-buku perpustakaan sekolah terhadap prestasi belajar diperoleh nilai signifikansi . Hal ini berarti berarti ditolak dan diterima. Sehingga menunjukkan bahwa “Ada pengaruh pemanfaatan buku buku perpustakaan sekolah terhadap prestasi belajar”. (2) Uji pengaruh minat baca dengan prestasi belajar diperoleh nilai signifikansi 0,003 . Hal ini berarti ditolak dan diterima. Sehingga menunjukkan bahwa “Ada pengaruh minat baca terhadap prestasi belajar”. (3) Uji pengaruh pemanfaatan buku-buku perpustakaan sekolah dan minat baca terhadap prestasi belajar diperoleh nilai signifikansi 0,01 0 . Hal ini berarti ditolak dan diterima. Sehingga menunjukkan bahwa “Ada pengaruh pemanfaatan buku-buku perpustakaan sekolah dan minat baca terhadap prestasi belajar”.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205153320 ULFA AZIZA
Date Deposited: 13 Aug 2019 07:18
Last Modified: 13 Aug 2019 07:18
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12581

Actions (login required)

View Item View Item