YUNUS TANTOWI, 17204153279 (2019) PENGARUH TEKNIK MIND MAPPING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI TRIGONOMETRI SISWA KELAS X MAN 3 TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2018/2019. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (2MB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (168kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (72kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (498kB) |
||
Text
BAB II.pdf Download (441kB) |
||
|
Text
BAB III.pdf Download (295kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (401kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (109kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (34kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (160kB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Teknik Mind Mapping Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Matematika pada Materi Trigonometri Siswa Kelas X MAN 3 Tulungagung Tahun Pelajaran 2018/2019” ini ditulis oleh Yunus Tantowi, NIM. 17204153279 dibimbing oleh Dra. Hj. Umy Zahroh, M. Kes, Ph. D. Kata Kunci: Mind Mapping, Motivasi, Hasil Belajar, Trigonometri. Sebuah fenomena bahwa pembelajaran yang dilakukan masih berorientasi pada guru serta teknik pembelajaran yang kurang kreatif dan bervariatif, sehingga siswa cenderung pasif dalam pembelajaran mengakibatkan motivasi siswa dalam belajar rendah, begitupula hasil belajar siswa juga ikut rendah. Oleh karena itu dibutuhkan teknik pembelajaran yang tepat agar siswa lebih termotivasi dan hasil belajar yang diperoleh lebih memuaskan, salah satu teknik yang dapat digunakan dalam pembelajaran adalah teknik mind mapping (peta pikiran). Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh teknik mind mapping terhadap motivasi belajar matematika pada materi trigonometri siswa kelas X di MAN 3 Tulungagung Tahun Pelajaran 2018/2019, (2) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh teknik mind mapping terhadap hasil belajar matematika pada materi trigonometri siswa kelas X di MAN 3 Tulungagung Tahun Pelajaran 2018/2019, (3) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh teknik mind mapping terhadap motivasi dan hasil belajar matematika pada materi trigonometri siswa kelas X di MAN 3 Tulungagung Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian kuasi eksperimen. Populasi yang digunakan adalah seluruh siswa kelas X MAN 3 Tulungagung. Teknik pengambilan sampel adalah simple random sampling. Sampel yang digunakan adalah kelas X MIA 3 sebagai kelas eksperimen dan X MIA 1 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, angket, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji Multivariate Analysis of Variance (MANOVA). Hasil penelitian disimpulkan bahwa (1) Ada pengaruh yang signifikan penggunaan teknik mind mapping terhadap motivasi belajar siswa kelas X MAN 3 Tulungagung, yang ditunjukkan nilai taraf signifikansi 0,032 < 0,05. (2) Ada pengaruh yang signifikan penggunaan teknik mind mapping terhadap hasil belajar siswa kelas X MAN 3 Tulungagung, yang ditunjukkan nilai taraf signifikansi 0,030 < 0,05. (3) Ada pengaruh yang signifikan penggunaan teknik mind mapping terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas X MAN 3 Tulungagung, yang ditunjukkan nilai taraf signifikansi 0,006 < 0,05. Dengan demikian guru dapat memilih teknik mind mapping untuk memaksimalkan cara kerja otak siswa dengan menggunakan gambar, simbol, serta warna-warna sehingga dapat mengingat dengan mudeh materi pelajaran yang telah dipelajari, khususnya materi pelajaran matematika sehingga dapat tercapai tujuan pembelajaran.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 17204153279 YUNUS TANTOWI |
Date Deposited: | 01 Aug 2019 04:00 |
Last Modified: | 01 Aug 2019 04:00 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12595 |
Actions (login required)
View Item |