PENGARUH TEKNIK MIND MAPPING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI TRIGONOMETRI SISWA KELAS X MAN 3 TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2018/2019

YUNUS TANTOWI, 17204153279 (2019) PENGARUH TEKNIK MIND MAPPING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI TRIGONOMETRI SISWA KELAS X MAN 3 TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2018/2019. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (168kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (72kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (498kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (441kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (295kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (401kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (34kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (160kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Teknik Mind Mapping Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Matematika pada Materi Trigonometri Siswa Kelas X MAN 3 Tulungagung Tahun Pelajaran 2018/2019” ini ditulis oleh Yunus Tantowi, NIM. 17204153279 dibimbing oleh Dra. Hj. Umy Zahroh, M. Kes, Ph. D. Kata Kunci: Mind Mapping, Motivasi, Hasil Belajar, Trigonometri. Sebuah fenomena bahwa pembelajaran yang dilakukan masih berorientasi pada guru serta teknik pembelajaran yang kurang kreatif dan bervariatif, sehingga siswa cenderung pasif dalam pembelajaran mengakibatkan motivasi siswa dalam belajar rendah, begitupula hasil belajar siswa juga ikut rendah. Oleh karena itu dibutuhkan teknik pembelajaran yang tepat agar siswa lebih termotivasi dan hasil belajar yang diperoleh lebih memuaskan, salah satu teknik yang dapat digunakan dalam pembelajaran adalah teknik mind mapping (peta pikiran). Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh teknik mind mapping terhadap motivasi belajar matematika pada materi trigonometri siswa kelas X di MAN 3 Tulungagung Tahun Pelajaran 2018/2019, (2) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh teknik mind mapping terhadap hasil belajar matematika pada materi trigonometri siswa kelas X di MAN 3 Tulungagung Tahun Pelajaran 2018/2019, (3) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh teknik mind mapping terhadap motivasi dan hasil belajar matematika pada materi trigonometri siswa kelas X di MAN 3 Tulungagung Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian kuasi eksperimen. Populasi yang digunakan adalah seluruh siswa kelas X MAN 3 Tulungagung. Teknik pengambilan sampel adalah simple random sampling. Sampel yang digunakan adalah kelas X MIA 3 sebagai kelas eksperimen dan X MIA 1 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, angket, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji Multivariate Analysis of Variance (MANOVA). Hasil penelitian disimpulkan bahwa (1) Ada pengaruh yang signifikan penggunaan teknik mind mapping terhadap motivasi belajar siswa kelas X MAN 3 Tulungagung, yang ditunjukkan nilai taraf signifikansi 0,032 < 0,05. (2) Ada pengaruh yang signifikan penggunaan teknik mind mapping terhadap hasil belajar siswa kelas X MAN 3 Tulungagung, yang ditunjukkan nilai taraf signifikansi 0,030 < 0,05. (3) Ada pengaruh yang signifikan penggunaan teknik mind mapping terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas X MAN 3 Tulungagung, yang ditunjukkan nilai taraf signifikansi 0,006 < 0,05. Dengan demikian guru dapat memilih teknik mind mapping untuk memaksimalkan cara kerja otak siswa dengan menggunakan gambar, simbol, serta warna-warna sehingga dapat mengingat dengan mudeh materi pelajaran yang telah dipelajari, khususnya materi pelajaran matematika sehingga dapat tercapai tujuan pembelajaran.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 17204153279 YUNUS TANTOWI
Date Deposited: 01 Aug 2019 04:00
Last Modified: 01 Aug 2019 04:00
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12595

Actions (login required)

View Item View Item