DWI NUR AINIYATIL MARDLIYAH, 17209153023 (2019) ANALISIS BERPIKIR KRITIS KELAS VIII PADA PELAJARAN IPS DITINJAU DARI TINGKAT KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA DI MTS AS SYAFI’IYAH POGALAN TRENGGALEK. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (520kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (280kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (516kB) |
||
|
Text
BAB II.pdf Download (724kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (316kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (904kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (387kB) | Preview |
|
Text
BAB VI.pdf Download (255kB) |
||
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (401kB) |
Abstract
ABSTRAK Dwi Nur Ainiyatil Mardliyah. Nomor Induk 17209153023. 2019. “Analisis Berpikir Kritis Kelas VIII Pada Mata Pelajaran IPS Ditinjau dari Tingkat Kemampuan Kognitif Siswa di Mts As Syafi’iyah Pogalan”. Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial. Pembimbing: Dr. Agus Purwowidodo, M.Pd. Kata Kunci: Kemampuan berpikir kritis, Pelajaran IPS, Kemampuan Kognitif. Berpikir kritis merupakan kemampuan kognitif yang terfokus pada intelekstual diperlukan untuk mengidentifikasi, menganalisis, dan mengevaluasi argumen untuk mendukung kesimpulan yang masuk akal. Berpikir kritis sangat penting bagi siswa untukk memecahkan suatu persoalan. Penting bagi siswa untuk melakukan berpiir kritis dalam menyelesaiakan soal IPS. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa ditinjau dari kemampuan akademik tinggi dalam menyelesaikan soal IPS di Mts As Syafi’iyah Pogalan, untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa ditinjau dari kemampuan akademik sedang dalam menyelesaikan soal IPS di Mts As Syafi’iyah Pogalan, kemampuan berpikir kritis siswa ditinjau dari kemampuan akademik rendah dalam menyelesaikan soal IPS di Mts As Syafi’iyah Pogalan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualikatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjeknya adalah siswa kelas VIII A di Mts As Syafi’iyah Pogalan, data yang diperoleh berupa data hasil tes tertulis, wawancara, dokumentasi dan observasi. Data hasil tes tertulis diperoleh dari hasil pekerjaan siswa dalam menyelesaikan soal materi kedantangan bangsa barat ke Indonesia berdasarkan indikator berpikir kritis Robbert Ennis. Analisis data yang digunakan dengan beberapa tahap yaitu tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil temuan penelitian menunjukkan bahwa, 1) Kemampuan berpikir kritis siswa dengan kemampuan akademik tinggi di MTs As Syafi’iyah Pogalan mampu memenuhi semua aspek berpikir kritis yaitu aspek memberikan penjelasan sederhana, membangun strategi dan taktik, membuat penjelasan lebih lanjut, membangun keterampilan dasar, dan aspek menyimpulkan. 2) Kemampuan siswa dengan kemampuan akademik sedang di MTs As Syafi’iyah Pogalan mamapu memenuhi 4 aspek berpikir kritis yaitu aspek memberikan penjelasan sederhana, membangun strategi dan taktik, membangun keterampilan dasar, dan aspek menyimpulkan. 3) Kemampuan berpikir kritis siswa dengan kemampuan akademik rendah di MTs As Syafi’iyah Pogalan hanya mampu memenuhi 1 aspek berpikir kritis yaitu memberikan penjelasan sederhana.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS |
Depositing User: | 17209153023 DWI NUR AINIYATIL MARDLIYAH |
Date Deposited: | 06 Aug 2019 06:35 |
Last Modified: | 06 Aug 2019 06:35 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12772 |
Actions (login required)
View Item |