LIA MABRUROH, 17209153018 (2019) ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI I SUMBERGEMPOL. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (673kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (230kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (44kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (196kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (344kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (105kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (691kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (124kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (91kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (55kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Lia Mabruroh, 17209153018, 2019, “Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Dengan Menggunakan Media Audio Visual Pada Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas VII Di SMP Negeri 1 Sumbergempol”. Skripsi, Jurusan Tadris Ilmu pengetahuan Sosial, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, Pembimbing: Dr. Agus Purwowidodo, M.Pd. Kata kunci : Pemahaman Konsep, Media Audio Visual, Kemampuan Akademik Pemahaman konsep didapat karena proses pembelajaran, sehingga keterampilan proses pembelajaran perlu dikembangkan. Penggunaan media pembelajaran audio visual merupakan salah satu bentuk pengembangan keterampilan proses pembelajaran di SMP Negeri 1 Sumbergempol Tulungagung. Materi Ilmu Pengetahuan Sosial dan pemahaman konsep merupakan dua hal yang tidak dapat dipisahkan karena materi Ilmu Pengetahuan Sosial memerlukan pemahaman konsep guna mencapai tujuan belajar. Fokus Penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah: 1) Bagaimana pemahaman konsep siswa kemampuan akademik tinggi dengan menggunakan media audio visual di kelas VII-J SMP Negeri 1 Sumbergempol Tahun Ajaran 2018/2019 ? 2) Bagaimana pemahaman konsep siswa kemampuan akademik sedang dengan menggunakan media audio visual di kelas VII-J SMP Negeri 1 Sumbergempol Tahun Ajaran 2018/2019 ? 3) Bagaimana pemahaman konsep siswa kemampuan akademik rendah dengan menggunakan media audio visual di kelas VII-J SMP Negeri 1 Sumbergempol Tahun Ajaran 2018/2019 ? Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep dengan menggunakan media audio visual pada siswa dengan kemampuan akademik tinggi, sedang dan rendah dalam menyelesaikan soal Ilmu Pengetahuan Sosial pada materi peran ilmu pengetahuan dan teknologi dalam kegiatan ekonomi kelas VII di SMP Negeri 1 Sumbergempol Tulungagung tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitian adalah SMP Negeri 1 Sumbergempol Tulungagung dengan sumber data yang diambil dari siswa kelas VII J, Wakil Kepala bidang Sarana dan Prasana dan Guru Ilmu pengetahuan Sosial kelas VII J. Data yang diperoleh berupa data hasil tes tertulis, wawancara dan observasi. Data hasil tes tertulis dari indikator pemahaman konsep menurut Anderson L.W dan Krathwohl D.R. Analisis data yang digunakan dengan beberapa tahap yaitu tahap reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1)Kemampuan pemahaman konsep dengan menggunakan media audio visual pada siswa kemampuan akademik tinggi di kelas VII J SMP Negeri 1 Sumbergempol mampu memenuhi indikator pemahaman konsep menjelaskan sebuah konsep sebab akibat dari suatu peristiwa, menafsirkan kembali sebuah konsep, membuat rangkuman peristiwa atau gejala-gelaja tertentu, memberi perbandingan peristiwa di masa lalu dengan kondisi sekarang, mengelompokkan hal-hal sesuai dengan karakteristiknya, dan memberikan contoh dan non contoh dari suatu konsep sehingga termasuk dalam tingkat kemampuan pemahaman konsep tinggi. (2) Kemampuan pemahaman konsepdengan menggunakan media audiovisual pada siswa dengan kemampuan akademik sedang di kelas VII J SMP Negeri 1 Sumbergempol mampu memenuhi indikator pemahaman konsep menjelaskan sebuah konsep menafsirkan kembali sebuah konsep, membuat rangkuman peristiwa atau gejala gelaja tertentu, memberi perbandingan peristiwa di masa lalu dengan kondisi sekarang, mengelompokkan hal-hal sesuai dengan karakteristiknya dan memberikan contoh dan non contoh dari suatu konsep sehingga termasuk dalam tingkat kemampuan pemahaman konsep sedang. (3) Kemampuan pemahaman konsepdengan menggunakan media audio visual pada siswa dengan kemampuan akademik rendah di kelas VII J SMP Negeri 1 Sumbergempol hanya mampu memenuhi indikator pemahaman konsep memberikan perbandingan peristiwa di masa lalu dengan kondisi sekarang dan mengelompokkan hal-hal sesuai dengan karakteristiknya sehingga termasuk dalam tingkat kemampuan pemahaman konsep rendah.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS |
Depositing User: | 17209153018 LIA MABRUROH |
Date Deposited: | 06 Aug 2019 06:39 |
Last Modified: | 06 Aug 2019 06:39 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12776 |
Actions (login required)
View Item |