SITI MAFTUCHATUL ARIFAH, 17205153214 (2019) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI SDI BAYANUL AZHAR BENDILJATI KULON SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
Cover.pdf Download (788kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (363kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (176kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (310kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (356kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (365kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (469kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (277kB) | Preview |
|
Text
BAB VI.pdf Download (11kB) |
||
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (196kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul Pengaruh Kecerdasan Emosional (EQ) dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di SD Islam Bayanul Azhar Bendiljati Kulon Tulungagung ini ditulis oleh Siti Maftuchatul Arifah NIM. 17205153214, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung. Kata Kunci: Kecerdasan Emosional, Minat Belajar, Hasil Belajar Matematika Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika siswa. Mata pelajaran matematika masih dianggap sulit oleh kebanyakan siswa. sehingga banyak siswa yang tidak berminat untuk mempelajarinya. Selain itu siswa belum bisa memotivasi diri dan mengelola emosi mereka dengan baik. Secara umum ada dua faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa, yaitu faktor intern dan ekstern. Faktor intern yang berasal dari diri seseorang memiliki pengaruh besar termasuk kecerdasan emosional dan minat dalam belajar. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif ex post facto. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 43 siswa kelas VA dan VB with the technique of taking samples uses dengan menggunakan teknik sampling purposive. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner dan tes. Data dianalisis menggunakan regresi linear berganda dengan bantuan software SPSS versi 16. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh yang signifikan antara kecerdasan emosional terhadap hasil belajar matematika. Dibuktikan r x1y = 0,438 dan r2x1y = 0,192, thitung = 3,122 dan ttabel = 2,000; (2) terdapat pengaruh yang signifikan antara minat belajar terhadap hasil belajar matematika. Dibuktikan r x1y = 0,548 dan r2x1y = 0,301, thitung = 4,200 dan ttabel = 2,000; (3) terdapat pengaruh yang signifikan antara kecerdasan emosional dan minat belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar matematika. Dibuktikan dari hasil F hitung > Ftabel (11,217 > 3,23), rx1x2y = 0,599 dan r2x1x2y = 0,359.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | Skripsi 17205153214 Siti Maftuchatul Arifah |
Date Deposited: | 09 Sep 2019 07:33 |
Last Modified: | 13 Apr 2020 03:12 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12950 |
Actions (login required)
View Item |