PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATAPELAJARAN IPA KELAS IV DI MADRASAH IBTIDAIYAH BENDILJATI WETAN SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

ENDAH WAHYUNINGTYAS, 17205153231 (2019) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATAPELAJARAN IPA KELAS IV DI MADRASAH IBTIDAIYAH BENDILJATI WETAN SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (456kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (486kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (304kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (302kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (89kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Penggunaan Media Gambar Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV di MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung” yang ditulis oleh Endah Wahyuningtyas, NIM. 17205153231, skripsi jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN)Tulungagung, yang dibimbing oleh Ibu Dr. Eni Setyowati, S.Pd. M.M. Kata Kunci : Media Gambar, Motivasi, Hasil Belajar Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi pentingnya pelajaran IPAuntuk menarik perhatian siswa. Pembelajaran IPA merupakan upaya guru dalam membelajarkan peserta didik melalui berbagai model, metode dam media. Terkait dengan hal tersebut, media gambar dianggap sesuai apabila diterapkan pada mata pelajaran IPA. Dengan demikian peneliti akan melihat Pengaruh Penggunaan Media Gambar Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa kelas IV di MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung. Dalam penelitian ini yang berjudul Pengaruh Penggunaan Media Gambar Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa kelas IV di MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung, Rumusan Masalah Dalam Penelitian adalah (1) Adakah pengaruh penggunaan media Gambar Terhadap motivasi belajar Siswa kelas IV di MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung (2) Adakah pengaruh penggunaan media Gambar Terhadap hasil belajar Siswa kelas IV di MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung (3) Adakah pengaruh penggunaan media Gambar Terhadap Motivasi dan hasil belajar Siswa kelas IV di MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung.Penelitian ini menggunakan penelitian Kuantitatif. Jenis Penelitian yang digunakan adalah eksperimen. Subjek penelitian ini adalah siswa-siswi MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung. Teknik Pengumpulan data yang digunakan yaitu. Dokumentasi, angket dan tes. Tujuan dari Penelitian ini adalah (1) Untuk Mengetahui Pengaruh Penggunaan Media Gambar Terhadap Motivasi Belajar Siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV di MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung (2) Untuk Mengetahui Pengaruh Penggunaan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Siswa mata pelajaran IPA kelas IV di MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung (3) Untuk Mengetahui Pengaruh Penggunaan Media Gambar Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa mata pelajaran IPA kelas IV di MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa (1) tidak ada pengaruh penggunaan media gambar terhadap motivasi belajar siswa kelas IV di MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung. Hal ini dibuktikan dengan Uji MANOVAdari tabel Test of Between-Subject Efect menunjukkan nilai motivasi siswa mempunyai tingkat signifikansi 0,478 > 0,05 (2) tidak ada pengaruh penggunaan media gambar terhadap hasil belajar siswa kelas IV di MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung. Hal ini dapat dibuktikan dengan Uji MANOVAdari tabel Test of Between-Subject Efect menunjukkan nilai hasil belajar siswa mempunyai tingkat signifikansi 0,345> 0,05 (3) tidak adapengaruh penggunaan media gambar terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas IV di MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung. Hal ini dapat dibuktikan dengan Uji MANOVAdari tabel Multivariate diperoleh dari pillai’s Trace, Wilk’s’Lambda, Hotelling’s Trace, Roy’s Largest Root Signifikansi 0,573>0,05 dimana sig 0,573 > 0,05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205153231 ENDAH WAHYUNINGTYAS
Date Deposited: 10 Sep 2019 01:32
Last Modified: 10 Sep 2019 01:32
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/13350

Actions (login required)

View Item View Item