TOHA PUTRA, 17209153004 (2019) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI KELAS XI IPS 1 MA NURUL ULUM MUNJUNGAN TRENGGALEK. [ Skripsi ]
|
Text
cover.pdf Download (804kB) | Preview |
|
Text
Abstrak.pdf Download (534kB) |
||
Text
Daftar Isi.pdf Download (365kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (442kB) |
||
Text
BAB II.pdf Download (657kB) |
||
|
Text
BAB III.pdf Download (449kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (576kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (227kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (192kB) | Preview |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (599kB) |
Abstract
Pendidikan mempunyai peranan yang sangat penting dalam mempersiapkan sumber daya manusia yang berkualitas. Suatu permasalahnya yang ada adalah belum aktif secara maksimal ketika belajar. Berangkat dari itu semua hal yang mendukung dalam pencapaian keaktifan pembelajaran sosiologi yang optimal adalah metode pembelajaran. Dalam hal ini peneliti menggunkan metode kooperatif tipe jigsaw , manfaat metode juga berpengaruh terhadap keaktifan. Keaktifan merupakan suatu hal yang sangat penting dalam sebuah proses pembelajaran. Fokus masalah dalam skripsi ini adalah : 1) Bagaimana tingkat keaktifan siswa berkemampuan tinggi dalam implementasi model pembelajaran kooperatif jigsaw pada siswa kelas XI IPS 1 MA Nurul Ulum Munjungan Trenggalek tahun ajaran 2018/2019. 2)Bagaimana tingkat keaktifan siswa berkemampuan sedang dalam implementasi model pembelajaran kooperatif jigsaw pada siswa kelas XI IPS 1 MA Nurul Ulum Munjungan Trenggalek tahun ajaran 2018/2019. 3)Bagaimana tingkat keaktifan siswa berkemampuan rendah dalam implementasi model pembelajaran kooperatif jigsaw pada siswa kelas XI IPS 1 MA Nurul Ulum Munjungan Trenggalek tahun ajaran 2018/2019. Adapun yang menjadi tujuan dari penelitian ini adalah: 1)Untuk mendeskripsikan tingkat keaktifan siswa berkemampuan tinggi dalam implementasi model pembelajaran kooperatif jigsaw pada siswa kelas XI IPS 1 MA Nurul Ulum Munjungan Trenggalek tahun ajaran 2018/2019. 2)Untuk mendeskripsikan tingkat keaktifan siswa berkemampuan sedang dalam implementasi model pembelajaran kooperatif jigsaw pada siswa kelas XI IPS 1 MA Nurul Ulum Munjungan Trenggalek tahun ajaran 2018/2019. 3)Untuk mendeskripsikan tingkat keaktifan siswa berkemampuan redah dalam implementasi model pembelajaran kooperatif jigsaw pada siswa kelas XI IPS 1 MA Nurul Ulum Munjungan Trenggalek tahun ajaran 2018/2019 . Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara,angket observasi dan dokumentasi lalu dianalisis secara induktif. Setelah melakukan penelitian kemudian memperoleh hasil sebagai berikut: 1)Keaktifan siswa berkemampuan tinggi pada implementasi model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, pada poin bekerjasama dan menerima respon siswa menanggapi dengan baik, siswa mengaku dapat bekerjasama dan bertukar pikiran. Pada poin ke-2 tentang pemahaman siswa menyatakan lebih mudah memahami materi dengan menggunakan metode kooperatif jigsaw. Pada poin ke-3 tentang metode siswa menyukai metode kooperatif jigsaw karena selai lebih mudah memahami materi metode tersebut juga dapat membantu siswa lebih berani untuk mengemukakan pendapat.(2)Keaktifan siswa berkemampuan sedang pada implementasi model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, pada poin bekerjasama dan menerima respon siswa menanggapi dengan baik, mengaku dapat bekerjasama dan bertukar pikiran tetapi siswa merasa kurang kondusif dalam pembelajaran karana suasana si dalam kelas menjadi ramai. Pada poin ke-2 tentang pemahaman siswa menyatakan cukup mudah memahami materi dengan menggunakan metode kooperatif jigsaw. Pada poin ke-3 tentang metode siswa cukup menyukai metode kooperatif jigsaw karena selain cukup mudah memahami materi metode tersebut juga dapat membantu siswa lebih berani untuk mengemukakan pendapat. (3)Keaktifan siswa berkemampuan tinggi pada implementasi model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, pada poin bekerjasama dan menerima respon siswa menanggapi dengan baik, siswa mengaku kurang berminat dan cenderung tidak dapat bekerjasama. Pada poin ke-2 tentang pemahaman siswa Siswa mengaku merasa kebingungan dan kesulitan dalam memahami materi selain itu waktu yang diberikan oleh guru singkat. Pada poin ke-3 tentang metode siswa menyukai metode konvensional, yaitu guru menjelaskan di depan kelas.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama Pendidikan > Pendidikan Tinggi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS |
Depositing User: | 17209153004 Toha Putra |
Date Deposited: | 03 Dec 2019 08:05 |
Last Modified: | 13 Apr 2020 03:43 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/14051 |
Actions (login required)
View Item |